Dua Isu Pendorong Ekonomi Digital Ini jadi Perhatian Apindo

Dua Isu Pendorong Ekonomi Digital Ini jadi Perhatian Apindo

Dua Isu Pendorong Ekonomi Digital Ini jadi Perhatian Apindo
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Seiring berubahnya gaya hidup masyarakat, ekonomi digital juga memainkan peranan yang sangat penting di Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi B Sukamdani mengatakan, ada beberapa isu strategis yang harus mendapat perhatian dalam mendorong ekonomi digital.

Pertama, lanjut Haryadi, yakni mempercepat transformasi dan memperluas jaringan infrastruktur digital di Indonesia. Menurutnya, dunia usaha sangat mendukung langkah pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur digital, mulai dari memperluas jaringan 4G, mengoperasikan satelit multifungsi satria, membangun data center pemerintah dan mengembangkan jaringan 5G.

“Situasi pandemi juga menjadikan momentum bagi percepatan transformasi digital. Langkah lain adalah mempercepat pembangunan infrastruktur internet secara merata khususnya daerah tertinggal, terdepan dan terluar, guna mencapai digitalisasi secara menyeluruh di Indonesia,” katanya, dalam sebuah webinar, Selasa, 22 Februari 2022.

Isu yang kedua, yakni mempercepat dan memperluas literasi digital. Haryadi memandang, upaya untuk mempercepat dan meningkatkan literasi digital menjadi kunci bagi kesiapan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi era transformasi digital.

“Oleh karena itu perlu meningkatkan literasi masyarakat agar siap memasuki transisi digital, dan literasi digital penting untuk meningkatkan produktivitas nasional dan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi,” ucapnya. (*) Bagus Kasanjanu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]