Dorong Perekonomian, Bank BUMN Gencar Salurkan Bansos Pemerintah

Dorong Perekonomian, Bank BUMN Gencar Salurkan Bansos Pemerintah

Dorong Perekonomian,  Bank BUMN Gencar Salurkan Bansos Pemerintah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank BTN sebagai salah satu bagian dari Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) berkomitmen untuk terus mendukung program-program pemerintah, salah satunya bantuan sosial (bansos). Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengungkapkan, pihaknya terus bersinergi dengan Kementerian Sosial, Pemerintah Kabupaten dan Dinas Sosial agar penyaluran bansos berjalan lancar.

“Kami gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat penerima manfaat agar dapat segera mencairkan Bansos paling lambat 90 hari setelah dana masuk, kami juga sebaik mungkin memberikan pendampingan ke masyarakat untuk proses pencairannya,” kata Haru saat virtual conference Himbara, Kamis malam, 2 September 2021.

Sejak awal tahun hingga akhir Agustus 2021, Bank BTN telah menyalurkan Program Sembako kepada 685.296 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total dana sebesar Rp1,15 triliun. Perseroan juga mendistribusikan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 367.137 KPM dengan total dana sebesar Rp681,8 miliar. KPM penerima bantuan tersebut tersebar di 10 kota dan kabupaten

“Saya sudah meminta kantor cabang BTN di berbagai daerah agar aktif untuk melakukan pemantauan dan pengecekan. Jangan sampai dana bansos mereka tidak dicairkan. Kalau tidak dicairkan kita cek langsung ke masyarakat kenapa tidak dicairkan,” tambahnya.

Sementara Bank BUMN lainnya, yakni PT Bank Negara Indonesia (BNI) juga terus mengoptimalkan upaya percepatan penyaluran berbagai Bansos, termasuk salah satunya adalah bansos pangan non tunai atau bansos sembako. Hingga Agustus 2021, BNI telah berhasil menyalurkan bansos sembako kepada 5,85 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia, dengan nilai Rp10,21 triliun.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan penyaluran bansos sembako ini merupakan salah satu penugasan yang diterima BNI dalam rangka menyukseskan rangkaian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Khusus dalam Program Penyaluran Bansos, BNI menjadi salah satu bank penyalur untuk dua program Bansos, yaitu Bansos Program Sembako dan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

“Untuk realisasi Bansos PKH sendiri, kami sudah menyalurkan kepada 4,1 juta KPM dengan nilai dana bantuan yang tersalur adalah sebanyak Rp 7,29 triliun hingga Agustus 2021 ini,” tambah Royke. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]