Dorong Nilai Ekspor, Kemenparekraf Hadirkan Pameran AKI 2024

Dorong Nilai Ekspor, Kemenparekraf Hadirkan Pameran AKI 2024

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara resmi memulai rangkaian pelaksanaan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Rangkaian pameran ini akan diselenggarakan di 12 kota.

Adapun, pameran AKI adalah tahapan setelah fase Bootcamp yang akan diikuti oleh 410 jenama UMKM peserta fase Bootcamp di 12 kota.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pameran ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Melalui pameran ini, Kemenparekraf berupaya meningkatkan jejaring dan kolaborasi antar pelaku industri kreatif, menginspirasi generasi muda, dan mempromosikan produk kreatif lokal agar dapat bersaing di pasar global,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (5/6).

Baca juga: Peserta AKI Sukses Jalin Kerja Sama dengan Instansi Pemerintah

Sandiaga menargetkan kontribusi sektor ekonomi kreatif khususnya dari sisi ekspor dapat mencapai 25 hingga 28 miliar dolar AS di tahun ini demi mendorong terciptanya peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Nilai tambah ekonomi kreatif di 2023 telah menembus Rp1.415 triliun, di atas target Rp 1.300 triliun. Tapi kita punya PR (pekerjaan rumah) di nilai ekspor ekonomi kreatif di mana ini peluangnya lebih besar sebetulnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pameran AKI 2024 memiliki beberapa tujuan utama. Pertama, meningkatkan visibilitas dan apresiasi terhadap produk kreatif lokal melalui berbagai media. Kedua, memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif.

Ketiga, menginspirasi dan mendorong generasi muda untuk berinovasi dan terlibat dalam ekonomi kreatif. Keempat, mendorong penguatan ekonomi nasional melalui peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif dan perluasan akses pasar.

Baca juga: Dengan Teknologi AI, Platform Digital Mebiso Mudahkan Ribuan UMKM Daftarkan Merek

Bertajuk ‘Apresiasi Kreasi Indonesia 2024, Bukan Cuma Lokal tapi Mendunia’, pameran ini akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan menarik. Mulai dari pertunjukan musik, penampilan fashion show, serta live cooking yang akan memperlihatkan kekayaan kuliner dan fashion Indonesia.

“Dengan mengikuti Pameran AKI 2024, pelaku industri kreatif diharapkan dapat meraih berbagai manfaat,” pungkas Sandiaga. (*) Alfi Salima Puteri

Related Posts

News Update

Top News