Dilantik Jokowi, Segini Kekayaan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Dilantik Jokowi, Segini Kekayaan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Bertempat di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023, Presiden Jokowi memandu Jenderal Agus mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR ke-9 masa sidang II 2023-2024 secara resmi telah mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Agus menggantikan Laksamana Yudo Margono yang resmi memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Jenderal Agus diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon panglima TNI pengganti Yudo lewat Surpres yang dikirim ke DPR pada akhir Oktober lalu.

Eks wakil KSAD ini diusulkan kurang dari lima hari setelah dirinya ditunjuk sebagai KSAD.

Baca juga: Intip Kekayaan M Syaugi, Eks Kepala Basarnas yang Didapuk jadi Kapten Timnas AMIN

Kekayaan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto tengah jajal motor listrik/istimewa

Terlepas dari pelantikannya sebagai panglima TNI, sebagian publik juga penasaran dengan kekayaan yang dimiliki Jenderap Agus.

Menukil laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 31 Desember 2022, Jenderal Agus Subiyanto memiliki kekayaan Rp19 miliar.

Harta kekayaan yang dimiliki oleh Agus Subiyanto didominasi oleh tanah dan bangun dengan nilai Rp16 miliar.

Rinciannya, tanah dan bangunan seluas 90 meter persegi/45 meter persegi di Bandung Barat senilai Rp715 juta, tanah 898 meter persegi di Pangandaran senilai Rp2 miliar.

Kemudian, tanah seluas 240 meter persegi di Karanganyar senilai Rp528 juta, tanah 162 meter persegi di Bandung Barat Rp1,65 miliar, dan tanah 2.000 meter persegi di Bandung senilai Rp3,3 miliar. 

Lalu, tanah 90 meter persegi/45 meter persegi di Bandung Barat Rp715 juta, tanah 710 meter persegi Rp2,4 miliar, dan tanah 510 meter persegi Rp1,7 miliar di Cimahi. 

Baca juga: Intip Kekayaan Wamenkumham Eddy Hiariej yang Jadi Tersangka Kasus Dugaan Gratifikasi

Ada juga tanah 149 meter persegi di Jakarta Timur senilai Rp665 juta dan tanah 1.184 meter persegi di Bogor Rp2,1 miliar.

Menariknya, Jenderal Agus hanya memiliki sebuah kendaraan berupa mobil Nisan Mini Bus tahun 2011 senilai Rp70 juta.

Harta bergerak lainnya Rp1,5 miliar dan juga kas dan setara kas Rp1,6 miliar. Jika ditotal, Panglima TNI Jenderal Agus memiliki harta kekayaan sekitar Rp19 miliar. (*)

Related Posts

News Update

Top News