Ekonomi dan Bisnis

Digitalisasi Akan Wujudkan Kredibilitas Data Bagi UMKM

Jakarta – Deputy Chairman for Industry and Investment Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Fadjar Hutomo mengungkapkan peran penting digitalisasi bagi sektor UMKM dalam rangka mewujudkan kredibilitas data para UMKM.

“Onboarding digital UMKM harus terus didorong, karena semakin mereka digital, semakin buku rapornya itu kelihatan. Dan meskipun tidak onboarding, at least dia pakai QRIS, karena akan tercatat,” ucapnya kepada Infobanknews, Senin, 17 Januari 2022.

Ia menjelaskan, bahwa data yang kredibel dan reliable nantinya akan menguntungkan pelaku UMKM sendiri dalam mengajukan permintaan pembiayaan terhadap lembaga pembiayaan fintech hingga perbankan. Di samping itu, data yang kredibel dan transparan akan membantu mewujudkan kepastian hukum pada sektor UMKM.

“Kepastian hukum ini nanti ada hubungannya dengan transparansi data. Di dalam data itu ada aset, kredibilitas saya, bagaimana cara saya membayar pajak, bagaimana saya belanjakan modal,  bagaimana saya menarik revenue streamnya. Semakin reliable itu data, semakin percaya itu lembaga bank untuk menyalurkan kredit. Maka dari itulah kita lihat kenapa sekarang lembaga perbankan  pakai jasa fintech dalam penyaluran kredit,” tambahnya.

Seperti efek domino, data yang kredibel dan reliable tersebut akan menguntungkan lembaga perbankan pada akhirnya, karena bank tidak perlu lagi mengirimkan stafnya ke lapangan untuk mengkoleksi data UMKM. Penghematan waktu dan biaya operasional perbankan pun dapat lebih terwujud.

“Jadi saya dulu pernah kerja di bank. Ketika ada platform digital saya tidak perlu lagi nogkrong di samping pelaku UMKM, investigasi lapangan. Jadi tinggal tongkrongin aja itu data dari Gojek terkait UMKM kita, sudah selesai itu semua,” imbuhnya. (*) Steven Widjaja.

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Suku Bunga KPR AS Naik, Tertinggi dalam Setahun Terakhir

Jakarta - Suku bunga KPR (kredit pemilikan rumah) di Amerika Serikat (AS) naik menjadi 6,36… Read More

20 mins ago

Rendezvous ke-28 di Bali: Fokus Mitigasi Risiko Asuransi di Tengah Tantangan Global

Bali - Rendezvous Indonesia 2024, salah satu pertemuan terbesar para pemimpin industri asuransi dari berbagai… Read More

51 mins ago

Jokowi Tetapkan 2 Kawasan Ekonomi Khusus Baru di Ujung Jabatan, Salah Satunya Kota 1.000 Industri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) anyar yaitu KEK… Read More

57 mins ago

Punya Potensi Ekonomi, Bos Bank Sumut: Pisang Kepok Nias Harus Dikembangkan

Jakarta – Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut) terkenal dengan budaya dan kekayaan alam. Salah satu… Read More

1 hour ago

Ketentuan Pemenuhan Modal Minimum BPR Perlu Direlaksasi, Ini Alasan Urgentnya

Bandung - Penurunan daya beli masyarakat kelompok menengah bawah, deflasi yang berkepanjangan selama lima bulan… Read More

3 hours ago

143 Saham Hijau, IHSG Dibuka Menguat 0,14 Persen ke Level 7.511

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (10/10) Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

3 hours ago