Digitalisasi Akan Wujudkan Kredibilitas Data Bagi UMKM

Digitalisasi Akan Wujudkan Kredibilitas Data Bagi UMKM

Digitalisasi Akan Wujudkan Kredibilitas Data Bagi UMKM
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Deputy Chairman for Industry and Investment Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Fadjar Hutomo mengungkapkan peran penting digitalisasi bagi sektor UMKM dalam rangka mewujudkan kredibilitas data para UMKM.

“Onboarding digital UMKM harus terus didorong, karena semakin mereka digital, semakin buku rapornya itu kelihatan. Dan meskipun tidak onboarding, at least dia pakai QRIS, karena akan tercatat,” ucapnya kepada Infobanknews, Senin, 17 Januari 2022.

Ia menjelaskan, bahwa data yang kredibel dan reliable nantinya akan menguntungkan pelaku UMKM sendiri dalam mengajukan permintaan pembiayaan terhadap lembaga pembiayaan fintech hingga perbankan. Di samping itu, data yang kredibel dan transparan akan membantu mewujudkan kepastian hukum pada sektor UMKM.

“Kepastian hukum ini nanti ada hubungannya dengan transparansi data. Di dalam data itu ada aset, kredibilitas saya, bagaimana cara saya membayar pajak, bagaimana saya belanjakan modal,  bagaimana saya menarik revenue streamnya. Semakin reliable itu data, semakin percaya itu lembaga bank untuk menyalurkan kredit. Maka dari itulah kita lihat kenapa sekarang lembaga perbankan  pakai jasa fintech dalam penyaluran kredit,” tambahnya.

Seperti efek domino, data yang kredibel dan reliable tersebut akan menguntungkan lembaga perbankan pada akhirnya, karena bank tidak perlu lagi mengirimkan stafnya ke lapangan untuk mengkoleksi data UMKM. Penghematan waktu dan biaya operasional perbankan pun dapat lebih terwujud.

“Jadi saya dulu pernah kerja di bank. Ketika ada platform digital saya tidak perlu lagi nogkrong di samping pelaku UMKM, investigasi lapangan. Jadi tinggal tongkrongin aja itu data dari Gojek terkait UMKM kita, sudah selesai itu semua,” imbuhnya. (*) Steven Widjaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]