Deretan Kritik ‘Pedas’ Rizal Ramli ke Presiden Jokowi

Deretan Kritik ‘Pedas’ Rizal Ramli ke Presiden Jokowi

Jakarta – Sosok almarhum mantan Menteri Koordinator Maritim Rizal Ramli dikenal sebagai sosok yang kritis dan cerdas. Dia juga tak segan-segan melontarkan kritik pedas kepada pemerintahan yang berkuasa.

Terutama selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rizal Ramli kerap mengkritik, baik secara personal hingga kebijakan yang diambil oleh Jokowi. Lalu, apa saja kritikan yang dilontarkan Rizal Ramli kepada Presiden Jokowi?

Berikut daftar kritik Rizal Ramli ke pemerintahan Presiden Jokowi yang dirangkum dari berbagai sumber:  

1. Soroti Indikator Ekonomi

Saat Jokowi baru menjadi presiden Indonesia, Rizal Ramli mengkritik sejumlah indikator ekonomi yang tak kunjung membaik. Hal ini disampaikannya melalui cuitan di akun X (dulu twitter) pribadinya.

“Ini mah lucu banget wong 3 tahun terakhir ekonomi mandek di 5 persen, utang nambah Rp 1,47 T per hari, resiko makroekonomi naik 2 tahun terakhir, Rupiah terpuruk dalam sejarah. Tim Ekonominya mediocre kok berani2nya jual mimpi!,” tulisnya dalam cuitan di akun X (dulunya Twitter), @RamliRizal, Jumat, 19 Oktober 2018.

Baca juga: Jusuf Kalla, Sandiaga Hingga Luhut Melayat ke Rumah Duka Rizal Ramli

2. Kritik Pemerintahan Jokowi Pro China

Rizal Ramli juga pernah mengkritik pemerintah yang dianggapnya terlalu pro terhadap Cina. Ini disampaikannya saat acara pelepasan ratusan pemudik asal Sumatra Barat bertema ‘Pulang Basamo’ di kompleks Masjid At-Tin Jakarta, Minggu pada 17 Juni 2018 silam.

“Kita tidak boleh menjadi antek-antek Amerika ataupun Beijing. Kita harus independen,” ujar Rizal dikutip 3 Januari 2024.

Kala itu, Rizal Ramli mendeklarasikan diri untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 secara independen. Dia mengatakan, akan mengembalikan politik luar negeri Indonesia menjadi independen dan bebas aktif.

3. Kritik Kartu Sakti Jokowi

Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Jokowi kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden. Kala itu, Jokowi punya program andalan dalam bentuk tiga kartu bantuan sosial. Di antaranya Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah atau disebut sebagai Kartu Sakti Jokowi.

Menurut Rizal, pembagian kartu tersebut adalah solusi yang tidak komprehensif.

“Rencana bagi-bagi kartu pemerintahan Widodo adalah solusi recehan, yang tidak menyelesaikan masalah secara komprehensif,” cuit Rizal dalam akun X @RamliRizal, Rabu, 20 Maret 2019.

Dia menilai, kartu-kartu itu hanya menawarkan solusi sesaat dan bukan permanen.

“Bagaikan jualan permen lolipop, hanya pemanis yang menggiurkan, tetapi tidak mampu menyelesaikan kemunduran kita dalam pendidikan, kesehatan, lapangan kerja,” tuturnya.

4. Sindir Baju Adat Jokowi

Teranyar, Rizal Ramli ‘mengkritik’ baju adat yang dipakai Presiden Jokowi saat acara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 di Istana Negara pada 17 Agustus 2023. Kala itu, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Seperti diketahui, baju adat ini dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Enggar soho Tedhak Loji. Namun, pemilihan baju adat ini mendapat kritik dari Rizal Ramli. Menurutnya, baju adat itu melambangkan keinginan Jokowi untuk membangun dinasti politik.

“Hari ini Jokowi bercita-cita untuk jadi raja di Indonesia, lihat saja dandanannya. Kalau pakai pakaian daerah ya yang biasa dong, ini pakaian daerah raja-raja, Raja Amangkurat pula lagi, pengkhianat no 1 di Indonesia,” ujar Rizal saat menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin, 21 Agustus 2023.

Demikian sejumlah kritikan Rizal Ramli selama pemerintahan dipimpin oleh Presiden Jokowi. Kini, sosok yang dijuluki ‘Sang Penerobos’ ini telah meninggalkan kita semua. Rizal Ramli tutup usia pada Selasa, 2 Januari 2024.

Kabar meninggal Rizal Ramli disampaikan oleh pihak keluarga dalam pesan WhatsApp yang diterima Infobanknews.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” tulis keterangan resmi pihak keluarga.

 Baca juga: Sosok Rizal Ramli di Mata Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Jokowi Turut Berduka Cita

Presiden Jokowi pun turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Ucapan belasungkawa tersebut disampaikan Jokowi di akun resmi X @jokowi pada Rabu (3/1/2024).

“Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan Menko Kemaritiman, kemarin di Jakarta,” tulis Jokowi, dikutip pada Rabu.

“Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai seorang ekonom yang cerdas dan aktivis yang kritis karena kecintaan terhadap bangsanya,” lanjutnya.

Jokowi pun mendoakan agar almarhum Rizal Ramli mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan kiranya diberi kesabaran,” pungkasnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News