Depresiasi Rupiah Didepan Mata, BI Diminta Segera Naikan Suku Bunganya

Depresiasi Rupiah Didepan Mata, BI Diminta Segera Naikan Suku Bunganya

suku bunga bank indonesia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

 

Jakarta – Kepala Ekonom Bank Rakyat Indonesia (BRI) Anton Hendranata menilai, jarak suku bunga Bank Indonesia (BI) dengan Federal Reserve (The Fed) saat ini semakin kecil. Dengan menyempitnya jarak tersebut ia menyarankan agar Bank Indonesia segera menaikkan suku bunga acuannya.

Anton mengatakan, saat ini suku bunga acuan BI berada di angka 3,5%. Sedangkan suku bunga acuan AS atau The Fed berada di 2,5%. “Gap itu semakin mengecil dan ini bisa menambah tekanan depresiasi rupiah secara konsisten dalam beberapa periode yang akan datang. Saya kira ini perlu diperhatikan baik-baik,” ujar Anton, Senin 8 Agustus 2022.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini rupiah berada dalam tekanan yang masih dapat dikendalikan pada level Rp15.000. Namun demikian, kata dia, tekanan tersebut harus diperhatikan agar tidak semakin dalam, dan juga diperlukan sebagai pertimbangan inflasi inti.

“Inflasi intinya kalau seandainya mendekati 3% maka suka atau tidak suka, rasanya BI harus merespon kenaikan suku bunga acuannya. Nanti kita lihat aja di Agustus inflasi intinya yang saat ini 2,86 persen yoy pada Juli, di Agustus nanti ke arah 3% atau tidak,” jelasnya.

Menurutnya, jika pada Agustus 2022 ini BI menaikan suku bunga acuan, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Karena dengan menaikan suku bunga acuan tak lantas mengorbankan pertumbuhan ekonomi saat ini.

“Kalau ke arah 3%, hitungan saya menurut saya ada kemungkinan BI akan menaikan suku bunga acuannya. Seandainya BI terpaksa harus menaikan suku bunga acuannya itu bukan berarti mengorbankan pertumbuhan ekonomi yang sudah semakin baik. Karena di globalnya jauh lebih agresif,” pungkasnya. (*) Irawati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]