Dedolarisasi Bisa Bikin Rupiah Makin Kuat

Dedolarisasi Bisa Bikin Rupiah Makin Kuat

Jakarta – Pemerintah Indonesia terus memperkuat penggunaan Local Currency Transaction (LCT) atau transaksi dengan mata uang lokal guna mengurangi ketergantungan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) atau dedolarisasi.

Teranyar, Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea sepakat berkerja sama untuk menggunakan mata uang lokal dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korsel.

Sonny Samuel, Global Markets Director UOB Indonesia mengatakan, dalam kerja sama penggunaan mata uang lokal tersebut, BI berusaha untuk menjalin kerja sama dengan Bank Sentral negara-negara lain untuk menurunkan ketergantungan terhadap dolar AS.

“Sebenarnya BI berusaha untuk menjalin kerja sama dengan Bank Sentral negara-negara lain, di mana UOB juga ikut terlibat di dalamnya dan itu sebenarnya untuk mempersiapkan diri menurunkan ketergantungan terhadap dolar AS di transaksi bilateral perdagangan antara Indonesia dengan negara tersebut,”ujar Sonny, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis, 4 Mei 2023.

Baca juga: The Fed Kembali Naikkan Suku Bunga 25 bps, Ini Kata Ekonom

Seperti diketahui, sebelumnya BI juga telah berkerja sama dengan empat negara di ASEAN dalam penggunaan LCT, yaitu Malaysia, Thailand, Jepang, dan China.

Sonny pun menambahkan bahwa, ke depannya transaksi-transaksi yang memakai mata uang lokal khususnya di Asia akan semakin berkembang. Di sisi lain, menurutnya, dalam jangka panjang penggunaan mata uang lokal atau LCT akan bisa memperkuat mata uang di Asia termasuk Rupiah.

Namun, untuk saat ini penguatan Rupiah juga didukung oleh kondisi ekonomi Indonesia yang kuat dan stabil. Sehingga, minat investor asing untuk berinvestasi di Indonesia terus meningkat.

“Seperti kita ketahui banyak investasi di nikel atau membangun smelter di Indonesia banyak direct foreign investment. Selain itu, investasi asing melalui financial aset seperti obligasi dan juga kemudian kita harapkan di pasar saham,” ungkap Sonny. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News