DBS Tunjuk Tan Su Shan jadi CEO DBS, Intip Rekam Jejak Menterengnya

DBS Tunjuk Tan Su Shan jadi CEO DBS, Intip Rekam Jejak Menterengnya

Jakarta – DBS Bank Ltd (Bank DBS) pada Kamis (8/8) mengumumkan penunjukkan Tan Su Shan sebagai Deputy CEO oleh Dewan Komisaris. Dengan demikian, Tan Su Shan saat ini merangkap dua jabatan di samping perannya sebagai Group Head of Institutional Banking.

Su Shan sendiri akan menggantikan Piyush Gupta sebagai CEO saat dirinya pensiun di rapat umum tahunan berikutnya pada tanggal 28 Maret 2025.

Tan Su Shan yang saat ini berusia 56 tahun, membawa rekam jejak ‘mentereng’ menuju jabatan barunya dengan pengalaman lebih dari 35 tahun di bidang perbankan konsumer, wealth management, dan perbankan institusional. Selain di Singapura, beliau juga pernah bekerja di pusat-pusat keuangan utama seperti Hong Kong, Tokyo, dan London.

Tan Su Shan bergabung dengan Bank DBS pada tahun 2010 dan menghabiskan tiga tahun pertama untuk membangun fondasi bisnis Wealth Management.

Baca juga : FWD Insurance Tunjuk Chief Agency Officer & Chief Bancassurance Officer Anyar, Ini Dia Sosoknya

Selama hampir tiga tahun berikutnya, beliau mengelola bisnis perbankan ritel/Wealth Management dan perbankan institusional yang menyumbang 90 persen dari pendapatan Bank DBS.

Su Shan memimpin operasional harian untuk strategi digitalisasi bank di seluruh bisnis yang dipimpinnya. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Bank DBS Indonesia sejak tahun 2014.

Di luar Bank DBS, Su Shan pernah menjabat di beberapa dewan pada bidang pemerintahan, pendidikan, dan kepemimpinan perempuan, serta pernah dinominasikan sebagai Anggota Parlemen Singapura pada tahun 2012-2014. Lulusan Universitas Oxford ini pernah mengikuti program kepemimpinan di Harvard dan Stanford.

Pengangkatannya adalah puncak dari proses sukses yang telah berlangsung selama satu dekade. Sejumlah kandidat internal yang kuat telah menjalani program pengembangan untuk mengakselerasi pengalaman, eksposur, dan keterampilan mereka untuk peran tersebut.

Para kandidat ini juga dibandingkan dengan kandidat eksternal yang potensial. Setelah proses evaluasi, Tan Su Shan dianggap sebagai yang terkuat dari semua kandidat.

Baca juga : RUPST KBBS Tunjuk Ji Kyu Jang Jadi Wakil Direktur Utama

“Di bawah kepemimpinan Piyush, Bank DBS telah bertransformasi menjadi institusi yang berkinerja tinggi dengan imbal hasil tinggi yang diakui stabilitas dan inovasinya. Orientasi strategis Tan Su Shan, rekam jejaknya dalam membangun bisnis, kefasihannya dengan teknologi, kemampuan kepemimpinan, serta kemampuannya dalam manajemen dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan yang kuat membuatnya menjadi penerus yang ideal,” ujar Chairman Bank DBS Peter Seah, dari keterangan resmi, dikutip Jumat, 9 Agustus 2024.

“Tan Su Shan telah bekerja sama dengan saya selama lebih dari satu dekade untuk membawa bank ini ke posisinya sekarang. Beliau berperan penting dalam membangun bisnis Wealth Management, perbankan ritel, dan perbankan institusional sejak beliau bergabung, serta mengambil tanggung jawab secara pribadi untuk mengoperasionalkan strategi digitalisasi kami,” imbuh CEO Bank DBS Piyush Gupta.

Sementara itu, Tan Su Shan menyampaikan bahwa dirinya merasa sangat terhormat telah dipilih untuk menggantikan Piyush. Su Shan lalu menceritakan bagaimana kisah awal ia bergabung dengan Bank DBS. 

“Beberapa bulan setelah Piyush bergabung sebagai CEO, ia menelepon untuk mengajak saya bergabung dengan Bank DBS. Saya menjawab ajakan tersebut dan keluar dari bank asing tempat saya bekerja keesokan harinya. Bergabung dengan Bank DBS terasa seperti pulang ke rumah. Bank DBS adalah bank tempat saya dibesarkan, dan juga perusahaan tempat saya pertama kali magang,” tutur Su Shan.

Ia pun memastikan bahwa Bank DBS akan tetap menjadi merek yang berdiri tegak, tidak hanya di wilayah Asia, tetapi juga di tingkat global. (*) Steven Widjaja

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News