Dari Arsitek hingga Desainer, SketchUp Festival Day 2024 Sukses Digelar di RI

Dari Arsitek hingga Desainer, SketchUp Festival Day 2024 Sukses Digelar di RI

Jakarta – Transformasi digital membawa pelbagai dampak positif, termasuk di bidang pembangunan yang kian membutuhkan visualisasi dalam perencanaannya.

Penggunaan software yang mumpuni dan representatif pun sangat dibutuhkan hari ini baik bagi para profesional seperti desainer dan arsitek di Indonesia.

SketchUp merupakan salah satu software permodelan 3D yang dirancang untuk para profesional khususnya di bidang arsitektur, sipil, pembuatan game, film, animasi dan permodelan lainnya.

Hingga hari ini jumlah pengguna SketchUp di seluruh dunia masih mendominasi terutama di Indonesia, SketchUp masih menjadi software nomor satu untuk pembuatan desain arsitektur dan bidang sipil.

Sejalan dengan itu, PT. ACA Pacific menyelenggarakan acara tahunan perdananya yaitu SketchUp Festival Day 2024 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Baca juga : Kemenparekraf Tetapkan 6 Kabupaten dan Kota jadi Role Model Pengembangan Ekonomi Kreatif, Apa Saja?

Kegiatan ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan juga Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat RI, serta asosiasi pendukung yaitu Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) dan Himpunan Ahli Manajemen Konstruksi Indonesia (HAMKI).

Dihadiri lebih dari 2000 pengunjung yang juga berpartisipasi dalam beberapa kegiatan seperti SketchUp CertificationOnline Design CompetitionOnsite Battle Competition, Pameran, dan sesi Konferensi yang juga diisi oleh banyak narasumber (arsitek, kontraktor, asosiasi, konsultan, dan komunitas) yang juga sebagai para pengguna SketchUp.

Baca juga : Kemenparekraf Proyeksikan Industri Film Sumbang PDB 2024 hingga Rp3,41 Triliun

Dalam rilis yang diterima Infobank, tahun ini SketchUp bersama PT. ACA Pacific mengadakan SketchUp Design Competition yang diikuti oleh lebih dari 1000 arsitektur untuk memperebutkan hadiah utama yaitu satu unit motor Benelli.

“Acara SketchUp Festival Day 2024 diselenggarakan sebagai sebuah wadah bagi para desainer dan arsitek baik individu maupun badan/institusi untuk bisa mendapatkan manfaat dalam penggunaan software ini di berbagai bidang pekerjaan dan usaha,” tulisnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, SketchUp Festival Day bukan hanya menjadi ajang ilmu dan keterampilan tapi juga menjadi wadah untuk memperkuat kolaborasi diantara para desainer, digitalisasi, pelaku usaha, serta pemerintah.

Kegiatan ini akan kembali dilaksanakan di tahun depan dengan konsep dan program acara yang jauh lebih menarik dan pastinya akan memberikan banyak manfaat bagi para pengguna dan juga profesional di bidang arsitektur, sipil, pembuatan game, film, animasi dan permodelan lainnya. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News