Daftar Produk Israel yang Ramai Diboikot, Ternyata Nomor 4 Banyak Dikonsumsi Warga RI

Daftar Produk Israel yang Ramai Diboikot, Ternyata Nomor 4 Banyak Dikonsumsi Warga RI

Jakarta – Seruan untuk memboikot produk yang terafiliasi dengan Israel kian kencang menyusul gempuran negara zionis terhadap warga Palestina.

Dinukil VOX, Rabu (1/11), pengguna media sosial X dan TikTok pun turut menyuarakan suaranya dengan menyisipkan hashtag #BDSMovement, yakni gerakan memboikot produk atau perusahaan yang beraliansi dengan Israel.

Gerakan Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) sendiri pertama muncul di tahun 2005 dari koalisi kelompok besar tersebut. Pada saat itu, lebih dari 4 juta warga Palestina harus mengungsi sejak berdirinya negara Israel.

Ada banyak produk dan perusahaan Israel yang diboikot oleh gerakan ini. Misalnya, saja SodaStream, yakni perusahaan manufaktur dengan produk minuman berkarbonasi.

Selain itu, gerakan BDS ini juga memboikot produk perusahaan besar internasional yang terafiliasi dengan Israel. Menariknya, di Indonesia banyak masyarakat yang belum sadar telah menggunakan produk perusahaan tersebut.

Baca juga: Netanyahu Tolak Gencatan Senjata, Israel Bersumpah Terus Gempur Hamas

Lantas, produk Israel apa saja yang diboikot?

  1. Puma

PUMA, perusahaan yang memproduksi sepatu dan perlengkapan olahraga ini telah lama diboikot karena menjadi sponsor internasional tunggal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA).

BDS Movement mengatakan, “keberpihakan” PUMA terhadap IFA secara langsung mendukung pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional.

2. Hewlett Packard

Hewlett Packard atau HP merupakan perusahaan yang mengembangkan serta menyediakan berbagai jenis komponen perangkat keras dan lunak. Diketahui, HP sudah banyak membantu Israel dalam mengawasi serta membatasi pergerakan warga Palestina dengan menerapkan sistem ID biometrik.

3. AXA

AXA sendiri merupakan perusahaan asuransi multinasional asal Prancis yang banyak melakukan investasi di bank-bank Israel. Bank-bank Israel tersebut disebut telah bercampur tangan di tanah Palestina.

4. McDonald’s

McDonald’s Israel sendiri secara terang-terangan memberikan bantuan berupa makanan gratis dan promosi makanan untuk prajurit militer Israel atau Israel Defense Forces (IDF).

Di mana, McDonald’s Israel telah menyumbangkan lebih dari 100.000 makanan kepada pasukan keamanan, penduduk sekitar dan rumah sakit.

Selain itu, ditulis akun X @McDonaldsIL, McDonald’s Israel kedapatan juga memberikan diskon 50 persen kepada seluruh pasukan keamanan dan penyelamatan yang tiba secara mandiri di cabang.

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri restoran cepat saji yang menyajikan menu ayam goreng tersebut banyak dikonsumsi masyarakat Tanah Air. 

Baca juga: Daftar Artis Hollywood Pendukung Israel, Ada Gal Gadot hingga Madonna

5. Starbuck

Jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat (AS), Starbuck turut menjadi daftar produk terafiliasi Israel yang diboikot. Melansir Dohanews, sejumlah gerao kopi di negara Qatar sepi pengunjung.

Bahkan, gerai-gerai Starbuck tersebut sudah sepi ditinggal pelanggannya terhitung 20 hari sejak perang Palestina dan Israel meletus

Selain itu, Starbuck juga dikecam setelah pekerjanya yang berada di AS digugat lantaran membuat tweet ‘Solidaritas terhadap Palestina’. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News