Citizens Financial Ajukan Penawaran Akuisisi Private Banking SVB

Citizens Financial Ajukan Penawaran Akuisisi Private Banking SVB

Jakarta – Citizens Financial Group Inc dikabarkan tengah mengajukan penawaran untuk mengakuisisi Silicon Valley Bank (SVB) yang kolaps pada Jumat, 10 Maret 2023 lalu. Penjajakan akuisisi tersebut dikabarkan Reuters berdasarkan dua sumber yang mengetahui seluk-beluk masalah tersebut.

“Citizens, salah satu bank regional Amerika Serikat (AS) terbesar, sedang bersiap untuk mengajukan penawaran dalam lelang bisnis, yang disebut SVB Private,” kata sumber tersebut dikutip Reuters, Jumat, 24 Maret 2023.

SVB Private adalah bisnis SVB di bidang private banking dan wealth management. Lelang sedang ditangani oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), yang telah menetapkan batas waktu penawaran pada hari ini, Jumat (24/3/2023).

Sumber tersebut memperingatkan bahwa tidak ada kesepakatan yang pasti dan meminta untuk tidak disebutkan namanya saat membahas musyawarah rahasia itu.

FDIC mencoba menjual SVB Private bersama SVB selama dua akhir pekan terakhir setelah pemberi pinjaman yang berfokus pada teknologi diambil alih oleh regulator pada 10 Maret. Namun, FDIC gagal mencapai kesepakatan untuk menjual keduanya secara bersamaan.

Sejak itu, FDIC telah meminta penawaran terpisah untuk SVB Private dan SVB pada 24 Maret 2023. SVB Financial Group (SIVB.O), mantan induk SVB yang mengajukan perlindungan kebangkrutan minggu lalu. Tapi, hal ini bukan bagian dari proses penjualan bank tersebut.

SVB Private menyediakan layanan private banking dan wealth management yang menyasar pada kalangan kelas atas. Sebagian besar terdiri dari Boston Private, manajer kekayaan yang diakuisisi oleh SVB pada 2021.

Sementara, Citizens Financial merupakan grup keuangan yang telah berkembang melalui akuisisi. Diketahui, grup ini telah menyelesaikan pembelian jaringan cabang Pantai Timur AS dari HSBC Holdings Plc (HSBA.L) pada Februari 2022.

Pemberi pinjaman Citizens Financial Group Inc yang berbasis di Providence, Rhode Island adalah bank terbesar ketiga berdasarkan deposito di negara bagian Massachusetts. Bank ini hadir di 14 negara bagian dan District of Columbia, dan berada di antara 15 bank teratas secara nasional berdasarkan simpanan.(*)

Related Posts

News Update

Top News