Moneter dan Fiskal

Chatib Basri: Kecil Kemungkinan Ekonomi RI Masuk Jurang Resesi

Jakarta – Ekonom Senior sekaligus Co-Founder Creco Research Institute Chatib Basri mengaku heran banyak kalangan yang meributkan kemungkinan Indonesia mengalami resesi pada 2023. Menurutnya, kecil kemungkinan Indonesia masuk jurang resesi, akan tetapi Indonesia berpotensi mengalami perlambatan karena berbagai faktor.

Tensi geopolitik yang dipicu perang Rusia-Ukraina memang akan mengancam ekonomi negara-negara Eropa. Jerman misalnya berpotensi mengalami resesi karena ancaman krisis energi. Selama ini Jerman sangat bergantung pada pasokan gas dari Rusia, termasuk untuk menggerakan industri manufakturnya. Jika Jerman mengalami resesi, mau tidak mau eropa akan terdampak karena Jerman adalah lokomotif ekonomi Eropa.

Namun demikian, saat ini Jerman sudah melakukan penyesuaian dan efisiensi pengunaan gas, termasuk juga dengan beralih ke batubara. Pasalnya inflasi di negara tersebut sudah menyentuh angka 10,4%. Menghadapi kondisi yang ini, European Central Bank (ECB) pun menaikan tingkat suku bunganya.

Sementara di Amerika Serikat (AS), terjadi missmatch. Lowongan pekerjaan jumlah besar sekali, tapi tingkat unemployment rendah. Alhasil, upah pun naik. Inflasi di AS pun masih tinggi. Bank sentral AS atau The Fed cukup agresif menaikkan tingkat suku bunga untuk menjinakkan inflasi.

“Saya menduga inflasi di AS akan bertahan untuk peridoe waktu agak panjang. The Fed mungkin akan melakukan perlambatan kenaikan bunga. Tapi butuh waktu agak panjang sebelum The Fed menurunkan suku bunga. Ini punya impilikasi kepada ekonomi banyak negara,” papar Chatib dalam webinar Bank BTPN Economic Outlook 2023, Senin, 5 Desember 2022.

Kombinasi perlambatan ekonomi Jerman dan Eropa serta AS akan mempengaruhi ekonomi global. Namun kekhawatiran akan terjadi resesi mengakibatkan kebutuhan energi justru menurun. Kebutuhan input energi dan komoditas menurun, dan berimbas pada harga yang ikut terkoreksi. Permintaan energi dan komoditas yang menurun akan berimbas pada kinerja ekspor Indonesia yang kemungkinan akan melambat dan berdampak ke penerimaaan negara.

“Efek spilover akan bergantung pada ekposure ekspor terhadap GDP besar atau tidak. Pertumbuhan Singapura akan lebih rendah dari kita, karena share ekspor kita hanya sekitar 25%. Indonesia less integrated terhadap supply chain global dibandingkan Singapura. Apakah ini by design? Tidak. Karena kelakukan kita yang membuat kita tidak kompetitif,” tuturnya.

Tidak banyak bergantung pada rantai pasok global memang menguntungkan Indonesia saat ini. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa di kuartal III-2022, ekonomi Indonesia tumbuh lebih tinggi dibandingkan negara-negara seperti Singapura dan Thailand. Tapi nanti ketika ekonomi global mulai pulih, pertumbuhan Indonesia akan lebih lambat.

Tahun depan memang akan menantang bagi Indonesia. Defisit APBN di-set kembali di bawah 3%. Sedangkan penurunan harga energi dan komoditas akan membuat revenue pemerintah juga turun. Pendapatan turun, dan defisit juga harus turun. Dengan kata lain, spending harus di-cut. Maka dalam kondisi seperti ini, pemerintah harus fokus pada kualitas belanja, terutama pada sektor yang mendorong ekonomi atau memproteksi masyarakat.

“2023 bukan tahun yang mudah memang. Pasti akan ada dampak, terutama sektor yang export oriented. Tekstil banyak PHK terjadi, atau sektor tech itu kelihatan karena investornya lebih selektif. Mau tidak mau strateginya berubah. Pasti akan ada sektor terkena. Tapi overall, walaupun melambat, saya kira Indonesia masih akan tumbuh 4,5%-5%. Jadi mungkin tidak akan seburuk yang kita bayangkan,” pungkasnya. (*) Ari Astriawan.

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ketentuan Pemenuhan Modal Minimum BPR Perlu Direlaksasi, Ini Alasan Urgentnya

Bandung - Penurunan daya beli masyarakat kelompok menengah bawah, deflasi yang berkepanjangan selama lima bulan… Read More

2 hours ago

143 Saham Hijau, IHSG Dibuka Menguat 0,14 Persen ke Level 7.511

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (10/10) Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

2 hours ago

IHSG Berpotensi Sideways Jelang Rilis Data Inflasi AS

Jakarta - BNI Sekuritas menyoroti pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

2 hours ago

Ekonomi Lesu, Masyarakat Makan Tabungan dan Pinjam Paylater

Jakarta - Di ujung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), banyak indikator yang menunjukkan ekonomi melemah. Mulai… Read More

2 hours ago

OJK Ungkap Ada 8 Asuransi dan 15 Dapen Bermasalah, Bagaimana dengan Penjaminan?

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan transformasi di sektor perasuransian, penjaminan, dan dana… Read More

2 hours ago

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Jadi Fondasi Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia… Read More

10 hours ago