Cetak Laba Bersih Rp243,92 Miliar, CIMB Niaga Finance Siap Bagi Dividen

Cetak Laba Bersih Rp243,92 Miliar, CIMB Niaga Finance Siap Bagi Dividen

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance) mengumumkan pembagian dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp24,39 miliar atau 10% dari laba bersih CIMB Niaga Finance di tahun buku 2021 yaitu sebesar Rp243,92 miliar.

Perseroan secara konsisten memberikan deviden dengan nominal 10% dari laba bersih selama empat tahun berturut-turut.  Adapun laba bersih setelah dikurangi pembayaran deviden tunai, dibukukan sebagai laba ditahan untuk membiayai kegiatan usaha Perseroan.

”Tahun 2021 merupakan tahun yang penuh tantangan terutama akibat gelombang kedua pandemi COVID-19. Meskipun demikian, Kami masih mampu mencatatkan kinerja yang menggembirakan dengan pertumbuhan kinerja yang positif,” kata Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman, Rabu, 6 April 2022.

Seperti diketahui, perusahaan berhasil membukukan laba bersih (audited) tahun 2021 sebesar Rp243,92 miliar atau naik 8,5% dibandingkan perolehan di periode sama tahun sebelumnya. Kinerja tersebut didukung oleh peningkatan pendapatan yang diperoleh dari pembiayaan konsumen.

Peningkatan pendapatan didukung oleh kenaikan total booking sampai akhir tahun 2021 sebesar Rp5,67 triliun, naik signifikan 51,3% dibanding tahun 2020 sebesar Rp3,75 triliun. Sedangkan dari sisi Total Aset Kelolaan 2021 mengalami pertumbuhan menjadi Rp7,05 triliun atau naik 27,7% dibandingkan tahun 2020.

Dalam RUPST, para pemegang saham juga menyetujui menyetujui penunjukan kembali Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (firma anggota PricewaterhouseCoopers Global di Indonesia) masing-masing sebagai Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan audit Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2022.

Terkait dengan berakhirnya masa jabatan anggota Direksi dan Dewan komisaris, RUPST menyetujui pengangkatan kembali Ristiawan Suherman sebagai Presiden Direktur untuk masa jabatan lima thun kedepan.

Selain itu, RUPST juga menyetujui pengangkatan kembali Lani Darmawan sebagai Presiden Komisaris dan Koei Hwei Lien sebagai Komisaris Perseroan untuk masa jabatan tiga tahun kedepan.

RUPST juga menyetujui perubahan susunan anggota dewan pengawas Syariah (DPS) menjadi Prof. DR. H. Fathurrahman Djamil, MA, sehubungan Ketua Dewan Pengawas Syariah Ibu Prof. DR. Hj. Huzaemah Tahido, MA telah meninggal dunia pada tanggal 23 Juli 2021.

Dengan pengangkatan tersebut, maka susunan Anggota Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah CIMB Niaga Finance adalah sebagai berikut:

DIREKSI
Presiden Direktur         : Ristiawan
Direktur                        : Danis V Binawan
Direktur                        : M Imron Rosyadi Nur, ST
Direktur                        : Kurniawan Kartawinata
Direktur                        : Antonius Herdaru Danurdoro

DEWAN KOMISARIS
Presiden Komisaris      : Lani Darmawan
Komisaris                     : Koei Hwei Lien
Komisaris                     : Cheong Chee Wai
Komisaris Independen : Serena Karlita Ferdinandus
Komisaris Independen : Hidayat Dardjat Prawiradilaga

DEWAN PENGAWAS SYARIAH
Pengawas Syariah       : Prof. DR. H. Fathurrahman Djamil

Selain itu, dalam RUPS menyetujui Penerbitan Sukuk melalui Penawaran Umum dalam jangka waktu paling lama 3 tahun sejak Tanggal Efektif Penerbitan Sukuk, dengan jumlah maksimal sebesar Rp1.000.000.000.000,- (satu triliun rupiah), dimana dana hasil Penerbitan Sukuk akan digunakan untuk pembiayaan produk Syariah.

RUPST juga melaporkan mengenai Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan Perseroan tahun 2021-2022  yang telah disampaikan kepada OJK sesuai POJK No. 51/POJK.03/2017.

Memasuki tahun 2022, perseroan telah menyiapkan berbagai inisiatif efisiensi perusahaan dengan langkah percepatan inovasi digital bagi perusahaan dan nasabah. Diantaranya Virtual Exhibition atau pameran virtual yang dapat memberikan pengalaman membeli mobil secara virtual.

“Kami senantiasa akan terus mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap mengedepankan customer experience dalam mencapai misi menjadi the most profitable multifinance di Indonesia,” tutup Ristiawan. (*)

Related Posts

News Update

Top News