Cek Bagian-Bagian Mobil Ini Sebelum Lakukan Perjalanan Jauh

Cek Bagian-Bagian Mobil Ini Sebelum Lakukan Perjalanan Jauh

Jakarta, – Liburan Tahun Baru Imlek 2572 diakhir pekan merupakan waktu ideal untuk bepergian bersama keluarga atau pun sahabat. Untuk itu, anda perlu memastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan, terutama dengan jarak yang jauh.

Lalu, apa saja bagian-bagian mobil yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan? Berikut ulasannya versi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance):

Filter

Membersihkan filter kendaraan dan AC adalah langkah penting agar perjalanan tetap nyaman.Filter pada mobil berfungsi untuk mencegah dan menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke mesin kendaraan. Cek filter pada mobil secara menyeluruh mulai dari filter oli, filter udara hingga filter bensin. 

Wiper 

Lalu, pastikan anda mengecek wiper, terutama di musim hujan seperti sekarang. Saat hujan turun deras, pandangan di sekitar mobil menjadi terbatas. Wiper ini berfungsi untuk membersihkan kaca bagian depan mobil dari air hujan agar pengemudi tetap bisa berkendara dengan mudah.

Oli dan Aki 

Oli dan Aki adalah komponen yang penting untuk menjaga peforma mobil anda. Oli adalah pendingin mesin mobil anda dan ada baiknya untuk diganti sebelum menempuh jarak jauh. Kemudian, cek aki untuk memastikan fungsi penyimpanan dan suplai daya listrik bagi mobil. Jika terdapat masalah pada aki tentu akan menghambat perjalanan. 

Lampu

Jangan sampai lampu pada mobil sudah redup apalagi saat ingin bepergian jauh di malam hari. Pastikan lampu sein berfungsi dengan baik karena lampu ini bisa meminimalisir risiko kecelakaan saat mobil berbelok.

Ban dan Rem

Pastikan ban anda dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan jauh. Cek tapak dan tekanan angin untuk mengetahui kondisi  ban mobil.  Kemudian, cek juga rem pada mobil anda. Rem blong sering kali menjadi penyebab kecelakaan yang umum.

Cairan Radiator

Selalu cek air radiator pada tangki reservoir. Cairan radiator memastikan agar mesin tidak mengalami overheat atau saat mesin mengalami panas berlebihan.

Kemudian, pastikan anda memiliki perlindungan ekstra pada mobil. Produk asuransi T-Drive dari Tugu Insurance akan memberikan ganti rugi terhadap risiko kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan. Selain itu, Tugu Insurance juga sigap melayani nasabahnya dengan layanan bantuan 24 jam, T-Rex  (Tugu Real Experience).

Layanan T-Rex akan memberikan pertolongan pertama pada kendaraan anda saat mengalami masalah di jalan. Layanan ini memberikan penanganan darurat pertama, dimulai dari kejadian ban bocor, jumper aki, hingga kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan di jalan raya.

Anda tinggal menelpon pelayanan konsumen, “Call TIA” di nomor 1500 458 atau Whatsapp di nomor 081197900100. Mobil derek akan segera tiba di lokasi Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi kendaraan dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News