Categories: Perbankan

Catat, Ini Dia Lima Isu Penting Bagi Perbankan dan Sektor Keuangan

Jakarta – Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan ada lima isu penting bagi sektor keuangan, khususnya perbankan. Isu ini akan mempengaruhi bisnis perbankan ke depan yang berpotensi mempengaruhi keberlanjutan bisnis.

Isu pertama adalah soal normalisasi kebijakan fiskal dan moneter negara-negara maju. Normalisasi kebijakan memiliki potensi akan mempengaruhi proses pemulihan ekonomi negara berkembang.

“Ini menjadi tantangan karena suku bunga akan mengalami kenaikan, inflasi juga akan terkerek. Meskipun demikian, Indonesia tetap menjadi ladang subur bagi para investor,” ujar Eko pada webinar yang digelar Infobank dengan tema, “Top 100 CEO 2021, COVID-19 and Megatrends Globally, Leading Through Uncertainty 2022,” Selasa, 14 Desember 2021.

Kemudian, isu kedua adalah scarring effect pandemi terhadap normalisasi perusahaan. Beberapa perusahaan memerlukan upaya ekstra dan panjang dalam memulihkan bisnis akibat pandemi Covid-19.

Isu ketiga yaitu meluasnya sistem pembayaran digital dan risiko aset kripto. Saat ini, semakin banyak nasabah yang tertarik untuk menggunakan kanal digital untuk bertransaksi hingga aset kripto yang menjadi pilihan teranyar. “Hingga saat ini memang belum terbukti, tetapi saya yakin aset kripto akan menjadi besar,” kata Eko.

Lalu, isu keempat adalah melebarnya kesenjangan dan perlunya inklusi keuangan, sehingga goncangan pandemi selanjutnya tidak terlalu mempengaruhi stabilitas perekonomian. Terakhir, ekonomi hijau dan keuangan berkelanjutan harus menjadi fokus bagi setiap perbankan dan sektor keuangan. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Evan Yulian

Recent Posts

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

39 mins ago

Bank NTT Resmi Luncurkan Kartu Kredit Indonesia Berbasis GPN

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan… Read More

52 mins ago

Marak Merchant Tolak Transaksi Uang Tunai, Begini Kata BI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa merchant atau pedagang wajib menerima pembayaran dalam bentuk uang tunai.… Read More

1 hour ago

Pacu Pertumbuhan, BCA Digital Hadirkan Layanan Valas dan Inovasi Teknologi Lewat bluValas

Jakarta - BCA Digital memperkuat posisinya di industri perbankan digital Indonesia dengan merespons kebutuhan finansial masyarakat… Read More

1 hour ago

Bergerak Variatif, IHSG Sesi I Ditutup Flat di Level 7.735

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (18/10) ditutup… Read More

4 hours ago

BI Ungkap Muncul Fenomena Masyarakat Terpaksa Kerja dengan Upah kecil

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa terjadi fenomena pergeseran tenaga kerja di berbagai daerah yang berkerja… Read More

4 hours ago