Catat, Ini Dia Lima Isu Penting Bagi Perbankan dan Sektor Keuangan

Catat, Ini Dia Lima Isu Penting Bagi Perbankan dan Sektor Keuangan

Ini Dia Bankers dan CEO of The Year 2021 Versi Infobank
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan ada lima isu penting bagi sektor keuangan, khususnya perbankan. Isu ini akan mempengaruhi bisnis perbankan ke depan yang berpotensi mempengaruhi keberlanjutan bisnis.

Isu pertama adalah soal normalisasi kebijakan fiskal dan moneter negara-negara maju. Normalisasi kebijakan memiliki potensi akan mempengaruhi proses pemulihan ekonomi negara berkembang.

“Ini menjadi tantangan karena suku bunga akan mengalami kenaikan, inflasi juga akan terkerek. Meskipun demikian, Indonesia tetap menjadi ladang subur bagi para investor,” ujar Eko pada webinar yang digelar Infobank dengan tema, “Top 100 CEO 2021, COVID-19 and Megatrends Globally, Leading Through Uncertainty 2022,” Selasa, 14 Desember 2021.

Kemudian, isu kedua adalah scarring effect pandemi terhadap normalisasi perusahaan. Beberapa perusahaan memerlukan upaya ekstra dan panjang dalam memulihkan bisnis akibat pandemi Covid-19.

Isu ketiga yaitu meluasnya sistem pembayaran digital dan risiko aset kripto. Saat ini, semakin banyak nasabah yang tertarik untuk menggunakan kanal digital untuk bertransaksi hingga aset kripto yang menjadi pilihan teranyar. “Hingga saat ini memang belum terbukti, tetapi saya yakin aset kripto akan menjadi besar,” kata Eko.

Lalu, isu keempat adalah melebarnya kesenjangan dan perlunya inklusi keuangan, sehingga goncangan pandemi selanjutnya tidak terlalu mempengaruhi stabilitas perekonomian. Terakhir, ekonomi hijau dan keuangan berkelanjutan harus menjadi fokus bagi setiap perbankan dan sektor keuangan. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]