Catat, Bank Digital Harus Punya Tiga Hal Ini Untuk Berkembang

Catat, Bank Digital Harus Punya Tiga Hal Ini Untuk Berkembang

Catat, Bank Digital Harus Punya Tiga Hal Ini Untuk Berkembang
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Digital saat ini terus bermunculan bak jamur di musim hujan. Menanggapi tren ini, Indra Utoyo, Direktur Digital dan Teknologi Informasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengungkapkan ada 3 hal yang perlu dimiliki setiap bank digital agar bisa tetap berkembang.

“Pertama adalah akses ke ekosistem digital. Misalnya Bank Jago yang bermain di ekosistem digital GoTo. Melalui ekosistem itu dia bisa mendapatkan nasabah,” ujar Indra pada paparan virtualnya, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Kemudian, bank digital juga memerlukan layanan yang menjawab kebutuhan konsumen. Indra mengatakan, layanan ini ke depan bisa jadi akan semakin kecil dan personal, sehingga nasabah tertarik untuk menggunakannya.

Pada poin terakhir, Indra menekankan pentingnya modal usaha dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Industri bank digital memang memerlukan modal yang kuat dari para pemegang saham agar operasional perbankan bisa berjalan stabil.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis regulasi baru yang di antaranya mengatur penyelenggaraan bank digital serta menambah jumlah modal inti minimal bank yang baru didirikan menjadi Rp10 triliun. Jumlah ini tentunya tidak sedikit dan memerlukan komitmen dari setiap pemegang saham.

Lalu, bank digital tentunya juga memerlukan SDM yang familiar dengan teknologi. Dengan demikian, permasalahan yang ada bisa segera diatasi. Melalui 3 langkah diatas, Indra percaya bank digital bisa tetap eksis dan tidak terhanyut oleh persaingan pasar. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]