Cara Sandiaga Penuhi Target Kunjungan Wisman 2023

Cara Sandiaga Penuhi Target Kunjungan Wisman 2023

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya tengah melakukan berbagai upaya dalam memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah menargetkan data kunjungan wisman sebesar 7,4 juta serta pergerakan wisatawan nusantara 1,4 miliar.

“Target wisman dan wisnus harus tercapai dengan penambangan jumlah penerbangan serta berkaitan dengan penyelenggaraan event-event yang berkualitas,” kata Sandiaga, dikutip Senin 20 Februari 2023.

Khusus penyelenggaraan event berkualitas, Kemenparekraf menginisiasi Gerakan “Bangga Berwisata di Indonesia”. Salah satunya, perhelatan 20th Indonesian Travel Fair yang dinilai membantu meningkatkan arus kunjungan wisatawan.

Berdasarkan data pihaknya, angka transaksi yang dicapai dalam pameran tersebut telah mencapai senilai Rp54 miliar.

“Angka tersebut diharapkan bisa meningkat setiap tahun sehingga bisa memberikan kontribusi untuk kebangkitan ekonomi nasional,” katanya usai menutup 20th Indonesian Travel Fair di Mal Kota Kasablanka, Minggu 19 Februari 2023.

Buka Rute Penerbangan Baru

Pemerintah sendiri mempermudah maskapai penerbangan internasional yang akan membuka penerbangan langsung (direct flight) ke Indonesia. Termasuk kemudahan mengurus perizinan dan menyiapkan slot di bandara.

Penambahan jumlah penerbangan langsung dan ketersedian kursi tersebut khususnya dalam membidik tiga pasar negara yakni India, Tiongkok dan Rusia.

Tiga negara tersebut dipilih lantaran berdasarkan data permintaan (demand) wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia terutama Bali.

“Khusus pasar Tiongkok sebetulnya sudah ada penerbangan langsung dengan sistem charter. Diharapkan secepatnya bisa dilakukan regular flight,” tambah Sandiaga.

Sementara di dua negara lainnya yakni India dan Rusia kata dia sedang diujicobakan oleh pihak Kementrian Perhubungan dalam waktu singkat.

Ini sejalan dengan langkah Kementerian Perhubungan berencana membangun sejumlah bandar udara baru untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia.

Kemenhub pun menganggarkan dana senilai Rp1,22 triliun untuk pembangunan 7 bandara baru di tahun 2023. Ke tujuh bandara baru tersebut diantaranya :

  1. Bandara Banggai Laut di Sulawesi Tengah
  2. Bandara Pohuwato di Gorontalo
  3. Bandara Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara
  4. Bandara Sobaham di Papua
  5. Bandara Singkawang di Kalimantan Barat
  6. Bandara Mandailing Natal di Sumatra Utara
  7. Bandara Siboru Fakfak di Papua Barat

Related Posts

News Update

Top News