Tips & Trick

Cara Mudah Rawat Motor Setelah Terendam Banjir

Jakarta – Banjir yang kerap datang tiba-tiba pada musim hujan seperti sekarang menyebabkan beberapa pengendara terpaksa meninggalkan tunggangannya terendam banjir. Jika terendam, motor memang membutuhkan beberapa perawatan dan perbaikan sebelum dapat digunakan kembali.

Lalu, bagaimana cara untuk merawat motor setelah terendam air banjir? Apa saja yang harus dilakukan? Simak cara-cara mudah berikut ini.

1. Jangan nyalakan mesin
Jika motor anda terendam banjir, jangan coba-coba untuk menyalakan mesin motor. Percobaan menghidupkan mesin hanya akan membuat kerusakan pada motor semakin berat.

Air yang melebihi ketinggian mesin, berisiko masuk ke dalam silinder. Apabila langsung dihidupkan akan berisiko mengalami water hammer dimana piston bisa jebol dan setang piston bengkok.Pastikan anda memindahkan motor tersebut dengan menuntunnya atau menggunakan mobil bak apabila jaraknya terlalu jauh.

2. Cek bagian dalam mesin
Pastikan tidak ada genangan-genangan yang tersisa di bagian dalam mesin motor anda. Cek bagian-bagian seperti filter udara. Apabila dalam keadaan basah, anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu. Kemudian, cek pula bagian lainnya seperti bak engkol, bak kopling, blok silinder, kepala silinder, dan karburator.

3. Cek rem dan knalpot
Lalu, pastikan anda tidak lupa untuk mengecek rem dan knalpot motor setelah terendam banjir. Untuk rem, anda perlu membersihkan kotoran ataupun noda-noda sisa dari air banjir yang ada di pinggiran cakram motor. pembersihan ini akan mencegah kerusakan pada sistem pengereman motor.

Lalu pada bagian knalpot, cek bagian dalam knalpot dan pastikan tidak ada air yang menggenang dibagian ini. Air menggenang dikhawatirkan akan masuk ke ruang pembakaran dan mengganggu jalannya mesin.

4. Bersihkan motor dengan air bersih
Selagi anda mengecek bagian dalam motor, pastikan juga untuk membersihkan bagian-bagian motor dari kotoran yang menempel. Siram dan sikat bagian motor untuk mencegah berbagai sumber kotoran yang bisa mengakibatkan kerusakan mesin, berkarat, dan penumpukan kotoran. Setelah itu, keringkan dengan kanebo, terutama di bagian yang paling kuyup terkena air dari banjir.

5. Miliki asuransi kendaraan
Untuk menjaga motor anda dari kerusakan, jangan lupa untuk memiliki asuransi kendaraan. Dengan asuransi, anda tak perlu khawatir akan perlindungan diri anda dari kecelakaan. Anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu untuk perlindungan motor dan diri anda.

Asuransi Tugu memiliki produk T-Ride. Dengan perlindungan Total Lost Only (TLO), Asuransi Tugu akan memberikan biaya penggantian atas kehilangan dan kerusakan diatas 75% akibat kecelakaan dan tindakan tak disengaja lainnya selama periode polis.

Selain aman, Asuransi T-Ride merupakan asuransi motor dengan premi yang ramah dikantong. Mulai dari Rp10 ribu rupiah per bulan, anda sudah bisa mendapatkan manfaat manfaat dari T-Ride.

Jika memiliki pertanyaan,anda tinggal menelpon nomor pelayanan konsumen, “Call TIA” di nomor 1500 458 atau Whatsapp di nomor 081197900100. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi kendaraan berkualitas dan ramah kantong dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Suheriadi

Recent Posts

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

34 mins ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

46 mins ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

1 hour ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

1 hour ago

IHSG Dibuka Naik Tipis ke 7.569, Berpotensi Sideways

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (3/10) indeks harga saham gabungan… Read More

2 hours ago

Jakarta CREATORCON 2024 Sukses Menarik Animo Ratusan Konten Kreator RI

Jakarta – Jakarta CREATORCON 2024 sukses menyedot animo 920 konten kreator di Indonesia. Dengan menghubungkan… Read More

2 hours ago