Moneter dan Fiskal

Calon Gubernur BI Perry Warjiyo Usung 7 Kebijakan Strategi

Jakarta – Calon Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo hari ini (28/3) melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Dalam paparannya, dirinya mengusung tema untuk memajukan ekonomi nasional, menjaga stabilitas, dan mendorong pertumbuhan.

Di depan Anggota Komisi XI DPR-RI, Perry mengatakan, untuk mendukung tema yang diangkatnya tersebut, dirinya memiliki tujuh kebijakan stragetis dalam memperkuat perekonomian nasional. Pertama, pihaknya akan memperkuat efektivitas kebijakan moneter untuk pengendalian inflasi dan stabilitas nilai tukar.

Kedua, relaksasi kebijakan makroprudensial untuk mendorong pembiayaan perbankan. Kemudian, ketiga, pendalaman pasar keuangan serta pembiayaan infrastruktur. Lalu keempat yaitu pengembangan sistem pembayaran untuk ekonomi digital. Kelima, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga: Fit and Proper: Perry Warjiyo Fokus Dorong Ekonomi RI Tumbuh 6%

“Selanjutnya, keenam penguatan koordinasi dengan pemerintah, OJK, dan DPR. Serta terakhir untuk penguatan organisasi dan sumber daya manusia,” ujar Perry di Komisi XI DPR-RI, Jakarta, Rabu, 28 Maret 2018.

Dia mengungkapkan bahwa dirinya akan membawa bank sentral untuk pro-stability dan pro-growth terhadap perekonomian Indonesia. Kuncinya, lanjut Perry, BI harus lebih inovatif dan proaktif. Bank Sentral juga akan berperan aktif menyampaikan pandangan berbagi isu untuk mendukung kebijakan pemerintah dan otoritas terkait.

“Kami akan membawa BI pro-stability dan pro-growth. BI lebih proaktif menjalin koordinasi dengan pemerintah dan OJK serta DPR,” ucap Perry. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

IHSG Dibuka pada Zona Hijau ke Level 7.524

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (14/10), Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

25 mins ago

IHSG Diprediksi Bergerak pada Rentang 7.450-7.560, Sejumlah Hal Ini jadi Pendorongnya

Jakarta - Ajaib Sekuritas memprediksi Indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal diprediksi bergerak variatif… Read More

35 mins ago

UMKM, Good Agriculture Practice dan Asuransi Kegagalan Panen

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM PETANI merupakan bagian terbesar dari… Read More

43 mins ago

Akhir Bankir Cap “Celengan Semar”

Oleh Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group OMAR Abdalla, bankir senior, di era 1980-an,… Read More

3 hours ago

Laporan Tahunan Berkualitas, Bank DKI Diganjar Apresiasi

Jakarta - Bank DKI kembali menorehkan prestasi dengan memenangkan penghargaan The Best Indonesia Annual Report… Read More

13 hours ago

Investasi Berkelanjutan Dongkrak Ekonomi, Pemerintah Bakal Garap Energi Bersih

Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani mengatakan, investasi yang berorientasi… Read More

13 hours ago