Cak Imin Bocorkan PKB, Gerindra dan Golkar Bakal Bentuk Koalisi Baru

Cak Imin Bocorkan PKB, Gerindra dan Golkar Bakal Bentuk Koalisi Baru

Jakarta – Sejumlah partai politik (tengah) tengah genjar melakukan komunikasi dan lobi politik dalam membentuk koalisi besar. Dalam waktu dekat, sepertinya koalisi baru yang melibatkan tiga parpol besar di Tanah Air akan terbentuk.

Hal ini dibocorkan oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut bahwa partainya bersama Partai Gerindra dan Partai Golongan Karya (Golkar) bakal membentuk koalisi baru.

“Ya pokoknya menyatu, otomatis koalisi jadi makin kuat. Kalau sudah tiga bergabung, berarti baru,” kata Cak Imin dikutip Jumat, 19 Mei 2023.

Selain ketiga parpol tersebut, lanjut Cak Imin, akan ada parpol non-parlemen yang akan merapat bersama mereka. Hanya saja, dia enggan membocorkan nama partai tersebut. Dia hanya memberikan kode bahwa partai tersebut berwarna merah.

“Intensif baru tiga, sama parpol non-parlemen mulai intensif. Warnanya merah,” kata Cak Imin.

Kuat dugaan parpol yang berwarna merah tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang jadi Pemilihan Umum 2024 adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Asal tahu saja, saat ini PKB bermitra dengan Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dengan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.

Sementara Partai Golkar saat ini berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain itu, Partai Golkar bersama PKB juga membentuk Koalisi Inti untuk memenangkan Pemilihan Presiden 2024. (*)

Related Posts

News Update

Top News