Bunga Bank Dukung Daya Saing Industri

Bunga Bank Dukung Daya Saing Industri

Yogyakarta–Daya saing industri diyakini akan meningkat jika para pengusaha memperoleh sumber pembiayaan yang murah.

Menteri Perindustrian Saleh Husein mengungkapkan hal tersebut dalam rapat koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah dengan tema “Mempercepat Peningkatan Daya Saing Industri dan Pariwisata untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutaan”. Ia mengatakan, selama ini dibandingkan dengan negara tetangga, bunga bank di Indonesia termasuk tinggi.

“Di antara negara tetangga kita kan masih termasuk tinggi. Khusus untuk industri, tentu dengan bunga bank yang kompetitif. Ya artinya bisa lihat negara tetangga singapura hanya 4-5%. Malaysia 5-6%. Kan harus tidak harus lebih murah, tetapi kompetitif. Kalalu enggak, akan pilih pinjam dari luar,” kata Saleh Husein di Yogyakarta, Jumat, 13 November 2015.

Selain itu, untuk mengembangkan industri dibutuhkan ketersediaan energi dengan harga yang kompetitif. Pengembangan industri juga membutuhkan ketersediaan infrastruktur baik itu infrastruktur pelabuhan laut maupun udara serta infrastruktur untuk energinya.

“Termasuk nanti secara bertahap kita tahu selama ini hampir 60-70% bahan baku masih ekspor. Tentu secara bertahap kita kurangi bahan baku itu kita buat di dalam negeri salah satu adalah dengan menumbuhkan industri untuk penghasil bahan baku yaitu industri hulu maupun intermedien. Semuanya prioritas,” tandas Husein. (*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News