Bunda Wajib Tahu, 5 Tips Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Bunda Wajib Tahu, 5 Tips Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Jakarta – Memilih sekolah anak gampang-gampang susah. Sebagai orangtua, bunda harus pandai memilah sekolah yang tepat agar bisa mendapatkan pendidikan terbaik sesuai kebutuhan dan potensi buah hati.

Lantas, seperti apa tips memilih sekolah terbaik untuk anak Anda? Jika penasaran, baca sampai habis artikel satu ini ya.

Kualitas dan Kuantitas Pengajar

  • Tips pertama memilih sekolah terbaik untuk si kecil yakni melihat kualitas dan kuantitas tenaga pengajar di sekolah tersebut. Ini menjadi sangat penting dalam menentukan kecerdasan dan karakter anak Anda. Misalnya, jumlah tenaga pengajar  yang tak seimbang dengan jumlah siswa justru bakal membuat anak kurang perhatian serta tidak dapat menyerap ilmu pembelajaran dengan baik.
Baca juga: Nathalie Holscher Curhat Biaya Sekolah, Begini Strategi Jitu Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Kurikulum Sekolah

  • Tips selanjutnya yakni kurikulum sekolah. Nah, saat ini banyak orangtua yang ingin memasukan buah hatinya ke sekolah berbasis agama sejak dini. Namun sebagian lagi memilih untuk memasukan buah hati ke sekolah umum.
  • Artinya, sebagai orangtua Anda harus mengetahuo tujuan yang hendak dicapai sang anak. Sebab, nantinya hal ini bakal mempertimbangkan kurikulum pada tiap jenis sekolah.

Lokasi Sekolah

  • Nah, perhatikan juga memilih lokasi sekolah bagi Anda. Tentukan seberapa jauh titik lokasi dari rumah ke sekolah. Termasuk juga akses transportasi menuju sekolah. Lebih baik, pilih sekolah yang lokasinya tidak begitu jauh dengan rumah.
  • Sebab, bila lokasi sekolah terlalu jauh, anak dapat cape di jalan hingga kelelahan saat sampai di sekolah  sehingga mempengaruhi semangat belajar. Jarak sekolah yang cukup bisa membuat anak Anda harus bangun lebih pagi, bukan?

Perhatikan Biaya Sekolah

  • Ada anggapan bahwa, memilih sekolah anak ada harga dan ada rupa. Artinya, sekolah dengan kualitas super dan fasilitas lengkap akan mematok biaya yang jauh lebih besar.
  • Perihal biaya ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan isi kantong. Jangan sampai, biaya sekolah buah malah menghabiskan anggaran rumah tangga. Bahaya juga kan. Di sini, peran bunda harus bisa mengatur biaya pendidikan anak agar tidak jebol.
Baca juga: Tiga Rekomendasi Liburan Sekolah Anak yang Menyenangkan

Pastikan Kenyamanan Anak

  • Mau sebagus apapun fasilitas sekolah, kemudahan akses lokasi, kalau sang anak tidak merasa nyaman dengan sekolahnya maka akan menimbulkan sebuah masalah.
  • Pastikan anak Anda nyaman saat berada di sekolah yang akan dipilih nanti. Jangan sesekali memaksakan anak jika mereka tidak merasa nyaman. Beri juga kesempatan untuk mengutarakan pendapat mereka seperti kenyamanan sekolah.

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News