BTPN dan SMBC Gelontorkan Kredit Sindikasi USD450 Juta ke Anak Usaha Indomobil Group

BTPN dan SMBC Gelontorkan Kredit Sindikasi USD450 Juta ke Anak Usaha Indomobil Group

Jakarta – PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) memberikan kredit sindikasi senilai USD450 juta kepada PT IMG Sejahtera Langgeng (IMGSL), salah satu anak usaha di Indomobil Group.

Kredit sindikasi ini memiliki beberapa tranche dalam penggunaan dananya, salah satunya yaitu tranche pembiayaan hijau senilai USD225,8 juta yang akan digunakan untuk mendukung upaya transisi menuju ekonomi hijau melalui pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Dalam sindikasi yang melibatkan 32 kreditur ini, Bank BTPN dan SMBC berperan sebagai Coordinating Mandated Lead Arranger and Bookrunner dan juga Lead Green Loan Coordinator, Agen Fasilitas, Agen Jaminan, serta Account Bank.

Baca juga: Tumbuh Double Digit, Penyaluran Kredit Bank BTPN Tembus Rp186,56 Triliun di Kuartal I 2024

Nathan Christianto, Head of Wholesale, Commercial, and Transaction Banking Bank BTPN mengatakan, Bank BTPN dan SMBC berkomitmen memfasilitasi pembiayaan yang mendukung upaya keberlanjutan bisnis di Indonesia.

“Penyaluran kredit sindikasi ini diharapkan dapat memperluas solusi keuangan yang komprehensif dan inovatif untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, termasuk para pelaku bisnis. Ini juga selaras dengan komitmen Indomobil Group dalam mengembangkan adopsi transportasi ramah lingkungan di Indonesia,” kata Nathan dalam keterangan resminya dikutip 4 Juni 2024.

Sementara, Andrew Nasuri, Business Development Director Indomobil Group menjelaskan, IMGSL akan memanfaatkan fasilitas kredit sindikasi untuk memperkuat pengembangan ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia. Kredit sindikasi ini juga akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan korporasi lainnya.

“Peluang ini (fasilitas kredit) akan mendukung IMGSL untuk terus berkembang dalam mewujudkan ekosistem mobil listrik yang memadai dan berkelanjutan,” ujar Andrew Nasuri.

Bank BTPN sendiri telah memberikan dukungan kepada Indomobil Group sejak tahun 2015, yang tersebar di beberapa sektor bisnis, termasuk keuangan dan logistik.

Baca juga: BTPN Syariah Catatkan Laba Bersih Rp263,66 Miliar di Kuartal I 2024

Kedua belah pihak sama-sama berkomitmen menjalin sinergi yang positif untuk mencapai tujuan keberlanjutan.

Terkait komitmen pada transisi ekonomi hijau, Bank BTPN tercatat telah menyalurkan pembiayaan berwawasan lingkungan dan sosial senilai total Rp13,77 triliun per Desember 2023, naik 6 persen dari tahun sebelumnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News