BRI dan BTPN Dominasi Kepesertaan Agen Laku Pandai

BRI dan BTPN Dominasi Kepesertaan Agen Laku Pandai

Inklusi Keuangan Bantu Pertumbuhan Ekonomi Tembus 6%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) tercatat masih bertengger sebagai bank yang memiliki agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk keuangan inklusif (Laku Pandai) terbesar dan mendominasi jumlah agen di Indonesia.

Hal tersebut tercatat berdasarkan Survei Akselerasi Jaringan Keagenan  di Indonesia yang telah dilakukan oleh Microsave. Survei dilakukan dengan mewawancarai sampel sebanyak 1.300 agen jasa keuangan digital (Laku Pandai and LKD) dari 15 provinsi di Indonesia pada bulan Juli hingga September 2017.

“Jaringan keagenan di Indonesia didominasi oleh beberapa pemain besar seperti BRI sebesar 51 persen dan Bank BTPN 29 persen. Sehingga keduanya tercatat menguasai 80 persen dari pangsa pasar rekening yang ada,” jelas Grace Retnowati selaku Direktur MicroSave Indonesia di Jakarta, Selasa 5 Desember 2017.

Grace juga mengimbau kepada seluruh pelaku lembaga jasa keuangan khususnya perbankan untuk dapat meningkatkan peran agen lakupandai guna meningkatkan angka inkusi keuangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Agen adalah tulang punggung dari keuangan inklusif digital sehingga sangat penting untuk membangun dan mendukung jaringan keagenan yang berkelanjutan. Kami percaya bahwa hasil temuan dari survei ini akan membantu para pembuat kebijakan dan para penyedia jasa keuangan digital untuk mengidentifikasi celah/kelemahan yang ada sehingga membantu katalisasi jaringan keagenan di Indonesia,” ungkap Grace.

Layanan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangam Inklusif atau Laku Pandai sendiri merupakan salah satu program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menyediakan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya, melalui penggunaan agen Bank dan teknologi informasi.

Sebagai informasi, sampai dengan saat ini, tercatat telah terdapat 23 bank penyelenggara yang telah menyelenggarakan program Laku Pandai dengan total agen sebanyak 428. 852 agen.(*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]