BPS Pastikan Kondisi Ekonomi Indonesia Sudah Membaik

BPS Pastikan Kondisi Ekonomi Indonesia Sudah Membaik

BPS: Inflasi Sentuh 0,22% di September 2016
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia saat ini tengah dalam masa pemulihan dan terus membaik. Kepala BPS, Margo Yuwono mengaku hal ini tercermin dari nilai Produk Domestik Bruto (PDB) Atas Harga Konstan di Triwulan I 2022 yang mencapai Rp2.819 triliun, naik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp2.684 triliun.

“Dengan meningkatnya level PDB per kapita harga konstan dibandingkan sebelum krisis, saya bisa mengatakan bahwa situasi Q1 2022 ini sudah mulai membaik dan mengarah ke level sebelum krisis,” jelas Margo ketika menjawab pertanyaan wartawan pada, Senin, 9 Mei 2022.

BPS juga mencatat ada beberapa indikator yang menunjukkan pemulihan ekonomi Indonesia. Beberapa diantaranya adalah pertumbuhan ekonomi yang menguat, penurunan tingkat pengangguran terbuka, dan pergerakan inflasi yang menguat di Triwulan I 2022.

Asal tahu saja, pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan pertama 2022 mencapai 5,01%. PDB Atas Dasar Harga Berlaku Indonesia di Triwulan I 2022 mencapai Rp4.513 triliun. Sedangkan, inflasi pada bulan April 2022 mencapai 0,95% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 109,98.

“Kami melihat mesin-mesin perekonomian sudah mulai bergerak dan kembali berperan sebagaimana mestinya. Hal ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik,” ujar Margo. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]