Info BPR

BPR Harus Mampu Adaptasi di Era Digital

Jakarta – CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo, mengungkapkan bahwa BPR harus mampu adaptasi dengan perubahan zaman di era digital saat ini. Dengan begitu, BPR diharapkan bisa terus survive dan mengelola bisnis secara baik.

“Saat ini BPR dihadapkan pada berbagai tantangan yang mengharuskan BPR untuk bisa terus survive dan mengelola bisnis secara baik, terutama dari sisi pengelolaan aset, pendapatan, branding, dan profit perusahaan,” ungkap Tri, Jumat, 28 Mei 2021.

TRAS N CO Indonesia sendiri bekerjasama dengan SuaraPemerintah.ID menggelar Indonesia BPR Brand Award 2021. Penghargaan tersebut merupakan sebuah apresiasi terhadap Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang dinilai telah berhasil dalam membangun brand dan memiliki kinerja yang unggul di tingkat propinsi dan tingkat nasional.

Indonesia BPR Brand Award 2021 mengangkat tema Membangun Branding Bank Perkreditan Rakyat, Menghadapi Tantangan Pandemi dan Digitalisasi. Acara penganugerahan Indonesia BPR Brand Award 2021 diselenggarakan secara virtual dengan konsep e-awarding ceremony.

Di acara tersebut juga digelar webinar dengan tema yang sama, dibawakan oleh Paul Sutaryono, Drs, MM (Pengamat Perbankan dan Staf Ahli Pusat BUMN).
Pemimpin Umum SuaraPemerintah.ID Arief Munajad, S.E,M.M., mengatakan bahwa perkembangan BPR perlu diapresiasi karena telah memberikan kontribusi yang besar dalam menyokong perekonomian, khsusnya masyarakat di daerah.

“Meski dihadapkan pada berbagai tantangan seperti pandemi, digitalisasi, dan kompetisi, namun banyak BPR yang terus survive dan telah menjadi salah satu penyokong pembangunan ekonomi, khususnya di daerah,” kata Arief dalam sambutannya.

Arief menambahkan bahwa sebagian besar BPR sudah mulai adaptif dengan berbagai inovasi berbasis digital, baik dari produk, layanan, maupun program untuk meningkatkan branding.

TRAS N CO Indonesia dan SuaraPemerintah.ID telah melakukan digital brand monitoring dan pengumpulan data kinerja keuangan terhadap 1506 BPR, di seluruh Indonesia. Penilaian berdasarkan pada 3 (tiga) parameter, yaitu Digital Brand Awareness Aspect, Digital Image Aspect, dan berdasarkan Revenue & Nett Profit Aspect.

Parameter tersebut menjadi tolak ukur penilaian dalam penyelenggaraan penghargaan Indonesia BPR Brand Award 2021. Para peraih penghargaan merupakan brand-brand BPR yang dinilai telah berhasil dalam membangun brand dan memiliki kinerja keuangan yang unggul di tingkat propinsi dan tingkat nasional. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Lembaga Manajemen Aset Negara Bukukan PNBP Rp3,2 Triliun hingga Oktober

Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) berhasil membukukan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp3,2 triliun… Read More

45 mins ago

2 Perusahaan Ini Bakal Melantai di BEI Besok, Cek Rinciannya

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada esok hari, Selasa, 8 Oktober 2024, bakal… Read More

1 hour ago

OJK Cabut Izin Usaha Rindang Sejahtera Finance, Ini Alasannya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini, Senin 7 Oktober 2024, mengumumkan bahwa… Read More

1 hour ago

BCA Syariah Gelar Kegiatan Edukasi, Cerdas Berinvestasi Emas

Direktur BCA Syariah Pranata tengah menyampaikan paparan saat acara diskusi syariah dengan tema Cerdas Berinvestasi… Read More

2 hours ago

DYAN Optimistis Pendapatan 2024 Tumbuh 15 Persen, Ini Alasannya

Jakarta - PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) atau Dyandra sebagai emiten yang bergerak di… Read More

2 hours ago

Gali Potensi Bisnis Eksportir, UK Export Finance Teken Kesepakatan dengan Eximbank

Jakarta - Pemerintah Inggris melalui UKEF meneken kesepakatan dengan Indonesia Eximbank dalam membantu menciptakan potensi… Read More

2 hours ago