BPR Baturaja ‘Tancap Gas’ Besarkan Volume Bisnis Usaha

BPR Baturaja ‘Tancap Gas’ Besarkan Volume Bisnis Usaha

Jakarta – Meski berstatus sebagai pemain anyar di industri perbankan, namun sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh PT BPR Baturaja (Perseroda). 

Sebuah prestasi yang cukup membanggakan, terlebih karena PT BPR Baturaja merupakan BPR milik Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan usia yang paling muda.  

Direktur Utama PT BPR Baturaja (Perseroda) Januar Hartanto mengatakan, sedari awal PT BPR Baturaja dibangun dengan modal kepercayaan dari pemegang saham dan pengurus, telah memiliki misi besar menjadi BPR nomor wahid di Pulau Sumatra.

“Setelah mendapatkan izin usaha dari OJK pada 2017, kami langsung tancap gas untuk bisa melakukan kegiatan bisnis yang bisa menumbuhkan volume usaha BPR Baturaja,” katanya, dalam penghargaan Top 100 BPR Award The Finance 2023, di Jakarta, 23 Juni 2023.

Menariknya, PT BPR Baturaja menjadi salah satu BPR BUMD di wilayah Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung yang sudah memiliki wilayah pemasaran di delapan kota dan kabupaten.

Selain itu, PT BPR Baturaja juga menjadi yang pertama kali sebagai BPR BUMD di wilayah Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung yang bisa memberi give point dalam waktu 3 tahun berturut-turut.

“Mudah-mudahan dengan kondisi terbaik saat ini bisa meningkatkan kepercayaan diri para nasabah dan para pemegang saham untuk bisa menambah modalisator di tahun 2023,” bebernya.

Dengan banyaknya prestasi tersebut, PT BPR Baturaja rupanya sudah banyak memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah. Salah satunya, memberikan dividen kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu pada tahun 2020, 2021 dan 2022. 

“Sudah sejak 3 tahun terakhir, kami sudah memberikan dividen yang dibagikan dari laba bersih perusahaan. Dan, kami menjadi satu-satunya BPR BUMD di wilayah Sumatra Selatan Jambi dan Bengkulu yang bisa memberikan dividen,” terangnya.

Menurut pihaknya, semua raihan tersebut tak terlepas dari resep jitu yakni komitmen. Di mana, komitmen dari seluruh pemegang saham, pengurus dan pegawai dari sedari awal berdiri.

“Artinya dari pihak pemegang saham dengan modalnya dan dari pihak BPR Baturaja dengan pengelolaan perusahaan,” ujarnya.

Resep lainnya kata dia, sikap loyal perusahaan kepada para karyawan yang ditunjukan dengan memberikan gaji yang cukup besar meski ditengah perusahaan merugi.

“Karena gaji di tempat kami itu berbeda dengan tempat-tempat lain sehingga teman-temam terpacu bahwa mereka sangat dihargai dengan prinsip punishment and reward,” pungkasnya.

Raih Top 100 BPR The Finance 2023

BPR Baturaja berhasil menyabet penghargaan bergengsi Top 100 BPR The Finance 2023 yang digelar majalah Infobank dalam kategori BPR beraset Rp100 miliar ke atas, di Casa Grand Ballrom Merlyn Park Jakarta, Jum’at (23/6/2023).

Penghargaan yang diraih BPR Baturaja tak terlepas dari kinerja positif perseoran daerah tersebut. Di manatotal aset PT BPR Baturaja Rp125.624 miliar, kredit yang diberikan Rp88.549 miliar, dana pihak Ketika (DPK) Rp 37.981 miliar, laba tahun berjalan 1.202 dan total aset Rp10 miliar.

Direktur Utama BPR Baturaja Januar Hertanto mengatakan, keberhasilan ini tak terlepas dari dukungan dari seluruh pihak terutama dari Pemerintah Kabupaten OKU selaku pemegang saham pengendali BPR Baturaja serta nasabah setia BPR Baturaja.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras manajemen BPR Baturaja yang memiliki kreatifitas dalam memberikan ide, terobasan dan inovasi dalam memajukan BPR Baturaja,” jelasnya.

Penghargaan Top 100 BPR 2023 The Finance diikuti oleh 1.449 BPR di seluruh Indonesia yang menjadi ajang bergengsi bagi para pelaku di industri perbankan. Penilaian Top 100 BPR 2023 sendiri mengacu kepada berbagai proses panjang yang dilakukan tim profesional.

Mulai dari proses penentuan formula yang dilihat dari berbagai aspek seperti pertumbuhan, permodalan, kualitas asset, rentabulitas, likuidits dan efesiensi.

Pengumpulan data (laporan keuangan publikasi (LKP) BPR Periode September 2020 dan September 2022), hingga pengolahan data mulai dari laporan neraca, laporan laba rugi, laporan resiko keuangan. Dari situ akan diketahui di mana posisi BPR Anda berada. (*)

Related Posts

News Update

Top News