Moneter dan Fiskal

Bos OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Tengah Tren Pemangkasan Suku Bunga

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan terjaga stabil dan pasar keuangan menguat di tengah sentimen positif akibat pemangkasan tingkat suku bunga acuan di berbagai negara. Meski demikian, OJK tetap mewaspadai prospek aktivitas ekonomi dunia yang melemah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan pertumbuhan ekonomi terindikasi mengalami penurunan di mayortias negara utama.

“Dengan The Fed yaitu bank sentral Amerika Serikat (AS) menurunkan outlook pertumbuhan AS di tahun 2024, dan diikuti kenaikan level pengangguran dan penurunan inflasi,” kata Mahendra dalam Konferensi Pers OJK Hasil Rapat Dewan Komisioner (RDK) Bulanan September 2024 yang digelar secara virtual di Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024.

Baca juga: Bos BNI Blak-blakan Soal Tantangan Usai BI Pangkas Suku Bunga

Di Tiongkok terdapat pelemahan aktivitas manufaktur, sehingga mendorong peningkatan pengangguran ke level tertinggi dalam 6 bulan terakhir, serta tingkat pengangguran muda yang meningkat.

Sementara itu, tekanan perekonomian Eropa juga semakin dalam. Tercermin dari penurunan outlook pertumbuhan dan proyeki inflasi yang meningkat.

Mahendra menjelaskan bahwa perkembangan tersebut mendorong bank sentral global memulai siklus penurunan suku bunga yang agresif, di mana The Fed menurunkan Fed Funds Rate (FFR) sebesar 50 basis poin (bps).

“Bank sentral Tiongkok cukup agresif dalm mendukung perekonomian dengan menurunkan suku bunga kebijakannya dan berjanji akan mengambil kebijakan akomodatif lanjutan,” jelasnya.

Adapun kebijakan tersebut di antaranya, dengan menurunkan giro wajib minimum (GWM) sebesar 50 bps untuk meningkatkan likuiditas perbankan, penurunan uang muka pembelian rumah, serta memperpanjang dukungan ke sektor properti selama 2 tahun. Selain itu, kebijakan fiskal di Tiongkok juga akomodatif.

Di Eropa, European Central Bank (ECB) dan Bank of England (BoE) juga telah memulai siklus penurunan suku bunga kebijakan moneter global yang akomodatif. Ini juga mendorong kebijakan likuiditas di pasar keuangan. Tercermin dari penguatan pasar keuangan global di mayortias negara.

Baca juga: Suku Bunga Turun, Bank Mandiri Pede Likuiditas Akan Longgar

Lebih lanjut, di domestik kinerja perkonomian terjaga stabil dengan tingkat inflasi yang terjaga dan neraca perdagangan yang tercatat surplus. Meskipun penurunan suku bunga kebijakan mendorong sentimen positif di pasar keuangan.

“Namun sinyal pelemahan perekonomian global, tensi geopolitik yang masih persisten tinggi, dan koreksi terhadap harga komoditas mengakibatkan risiko ketidakpastian ke depan masih tinggi dan perlu diwaspadai oleh sektor jasa keuangan dan melakukan langkah antisipatif yang diperlukan,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

48 mins ago

IHSG Ditutup Melesat 1,52 Persen, Nilai Transaksi Tembus Rp41,67 Triliun

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (1/10) berhasil ditutup naik ke… Read More

1 hour ago

Masih Ada 9 Perusahaan Asuransi Belum Miliki Aktuaris

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan masih terdapat 9 perusahaan asuransi yang belum memenuhi… Read More

2 hours ago

RI Alami Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Biang Keroknya

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) mengalami deflasi sebesar 0,12 persen… Read More

2 hours ago

Anak Usaha Delta Dunia Makmur (DOID) Berhasil Raih Dana Rp1 Triliun dari Penerbitan Obligasi

Jakarta - Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), yakni PT Bukit Makmur Mandiri… Read More

2 hours ago

OJK Catat Piutang Pembiayaan Multifinance Capai Rp499,29 Triliun di Agustus 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan perkembangan di sektor Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura,… Read More

2 hours ago