Bos OJK Soroti Pentingnya Penelitian untuk Ekonomi Berkelanjutan

Bos OJK Soroti Pentingnya Penelitian untuk Ekonomi Berkelanjutan

Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar mengungkapkan pentingnya pengembangan penelitian dan inovasi dalam mengatasi tantangan lingkungan, serta kemakmuran ekonomi dan sosial dalam jangka panjang.

“Tanpanya (penelitian) kita tidak akan dapat secara efektif mengatasi perubahan iklim dan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB pada saat yang sama,” kata Mahendra dalam dalam OJK International Research Forum, Senin 25 September 2023.

Baca juga: Ini 5 Inisiatif OJK Mendukung Pembiayaan Berkelanjutan

Dia menekankan, bahwa kurangnya kapasitas penelitian menghambat perjalanan menuju inovasi, baik itu produk, konsep, maupun gagasan. Sehingga dibutuhkan pembiayaan tepat sasaran untuk mendorong pengembangan ekonomi berkelanjutan.

“OJK mengarahkan sektor keuangan untuk memenuhi komitmen pemerintah Indonesia, terutama perjanjian Paris dan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB,” katanya.

Lebih lanjut, seiring dengan transisi Indonesia menuju ekonomi yang lebih maju, kemampuan penelitian baik di sektor publik maupun swasta harus terus meningkat. Dia pun menyadari bahwa manfaat dari penelitian lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.

Baca juga: Bank Mandiri Perkuat Pembiayaan Berkelanjutan, Ini Buktinya

“Meskipun secara alami terdapat unsur kompetitif dalam penelitian dan inovasi, kita harus berusaha untuk berkolaborasi sebanyak mungkin setidaknya pada tingkat penelitian pra-kompetitif untuk berbagi manfaat,” pungkas Mahendra. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News