Bos BI Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,5 Persen di 2024

Bos BI Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,5 Persen di 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi RI akan moncer pada 2024 di level 5,5 persen secara year on year (yoy). Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh membaiknya ekspor yang sejalan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi dunia.

“Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI pada 2024 akan meningkat di level 4,7 persen hingga 5,5 persen,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Februari, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Tok! BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6 Persen

Ia mengatakan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi RI berkelanjutan, BI meminta pemerintah untuk mendorong konsumsi rumah tangga dan investasi khususnya nonbangunan.

“Bank Indonesia akan memperkuat kebijakan makro bauran melalui kebijakan makroprudensial dan kebijakan sistem pembayaran,” jelasnya.

Tak ketinggalan turut serta bersinergi dengan stimulus fiskal pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik.

Baca juga: Pelemahan Ekonomi China dan Hong Kong Bawa Berkah Bagi RI, Kok Bisa?

BI mencatat, hingga Januari 2024, neraca perdagangan Indonesia masih baik dengan berlanjutnya surplus. Sementra itu, neraca pembayaran dinilai tetap kuat karena ditopang oleh ketahanan eksternal neraca pembayaran yang diperkirakan surplus,.

Hal ini dipengaruhi oleh defisit transaksi berjalan yang terbatas dan surplus transaksi modal serta finansial. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News