Bos BI Pamer Inflasi Indonesia Terendah di Dunia

Bos BI Pamer Inflasi Indonesia Terendah di Dunia

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan tren inflasi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir terkendali rendah, bahkan termasuk yang terendah di dunia.

“Tren inflasi Indonesia dalam 10 tahun  terkahir menurun dan terkendali rendah, bahkan termasuk yang terendah di dunia pada saat ini,” ujar Perry dalam Rakornas Pengendali Inflasi 2024, Jumat, 14 Juni 2024.

Perry menjelaskan, hal tersebut tercermin dari inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Mei 2024 tercatat sebesar 2,84 persen atau terjaga dalam target 2,5±1 persen.

Baca juga: BPS Sebut Indonesia Masih Alami Inflasi di Beberapa Barang Ini, Apa Saja?

Selain itu, di sebagian besar daerah, inflasi juga berada dalam kisaran target. Hal ini didukung eratnya sinergi pengendalian inflasi oleh pemerintah pusat dan daerah serta konsistensi kebijakan BI dalam koordinasi erat tim pengendalian inflasi pusat dan daerah, termasuk gerakan nasional pengadalian inflasi pangan (GNPIP).

“Kami memperkirakan inflasi pada sisa tahun 2024 ini kemudian tahun 2025 akan tetap terkendali rendah dalam kisaran sasaran 2,5±1 persen,” ujar Perry.

Baca juga: Bos BI Nilai Inflasi Global Masih Tertahan,  Ini Penyebabnya

Perry pun meyakini inflasi yang rendah merupakan faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini, BI akan terus memperkuat bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung perekonomian yang berkelanjutan dan bersinergi erat dengan pemerintah pusat dan daerah. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News