Ekonomi dan Bisnis

Bos Adaro Boy Thohir Optimis dengan Perkembangan Ekonomi RI

Jakarta – Pengusaha nasional pemilik PT adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir optimistis terhadap perkembangan perekonomian Indonesia. Momentum pemulihan ekonomi nasional ini tentu akan berdampak positif terhadap seluruh lini bisnisnya yang berada di Indonesia.

“Negara ini sangat luar biasa dengan jumlah penduduknya, geografis, keragaman, market yang segmennya bermacam-macam,” ujar pria yang akrab disapa Boy Thohir, seperti dikutip 22 November 2021.

Namun, kata dia, untuk merawat bangsa Indonesia, dibutuhkan suatu perjuangan. “Tidak bisa taken for granted, kalau bangsa ini terpecah belah enggak ada Adaro, Astra, kalau negara enggak maju, enggak makmur, kita mau usaha apa?,” kata Boy.

Boy mengatakan, bahwa dirinya ingin mewariskan ilmunya untuk generasi mendatang. Untuk itu, ia berpesan agar generasi mendatang terus berjuang memajukan Indonesia. “Buat saya yang penting bagaimana negara ini maju. It’s a never ending story. Kita harus terus berjuang,” ungkapnya.

Dalam perjalanan bisnisnya, Boy Thohir sendiri memulai bisnisnya di batu bara sejak 1992. Kini, tak hanya aktif di Adaro, Boy menjabat sebagai Komisaris Gojek. Bisnis yang dijalani Boy mencakup otomotif, finansial, hingga pelabuhan.

Atas kesuksesannya tersebut, Boy Thohir terpilih sebagai salah satu dari 20 pengusaha terbaik atau Businessperson of the Year 2021 versi Majalah Fortune Indonesia. Penilaian ini mengacu pada keberhasilan Boy Thohir dalam mengelola perusahaan sepanjang tahun lalu. Kendati ekonomi dihantam pandemi Covid-19, Boy Thohir mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Secara terperinci, komposisi penilaian berdasarkan pada kinerja perusahaan selama tahun pertama pandemi Covid-19 sebesar 25%, sedangkan 50% mengacu pada performa bisnis pada semester pertama tahun ini.

Fortune Indonesia melihat pertumbuhan pendapatan, laba bersih, return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan lainnya. Sementara itu, penilaian lainnya ditentukan dari faktor kepemimpinan, Good Corporate Governance (GCG), aksi korporasi, hingga terobosan yang dilakukan.

Garibaldi Thohir membangun Adaro Energy hingga menjadi salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia, bahkan dunia.

Selain Boy Thohir, pengusaha nasional yang juga masuk ke dalam jajaran 20 besar itu adalah Franky Oesman Widjaja, Chairman sekaligus CEO Golden Agri Resources Ltd., induk usaha PT Sinar Mas Afri Resources & Technology Tbk, juga Anthony Salim, CEO Salim Group. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Rekomendasi Investasi Danamon Pasca Turunnya Suku Bunga Acuan

Jakarta – Penurunan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia dan The Fed berdampak positif terhadap… Read More

42 mins ago

Harga Karet Melesat, SURI Pede Target Pertumbuhan Penjualan 50 Persen Tercapai

Jakarta – PT Maja Agung Latexindo Tbk (SURI) hingga triwulan III-2024 berhasil mencatatkan kinerja positif,… Read More

1 hour ago

Kopra by Mandiri Bukukan Nilai Transaksi Rp14.000 Triliun hingga Agustus

Jakarta - Bank Mandiri mencatat nilai transaksi Kopra by Mandiri hingga Agustus 2024 sebesar Rp14.000… Read More

2 hours ago

10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Realisasi Penyaluran KUR Tembus Rp1.793 Triliun

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengungkapkan capaian kinerja 10 tahun pemerintahan Presiden… Read More

2 hours ago

220 Saham Hijau, IHSG Dibuka Naik Tipis ke Level 7.559

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Rabu, 9 Oktober 2024, Indeks… Read More

4 hours ago

Berkat Transparansi dan Akuntabilitas Tata Kelola, Pupuk Kaltim Sabet Penghargaan Ini

Jakarta - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih Juara 1 Annual Report Award (ARA)… Read More

4 hours ago