BNI-Mandiri Co-Branding Kartu Debit Dengan Garuda

BNI-Mandiri Co-Branding Kartu Debit Dengan Garuda

Jakarta–PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meluncurkan “GARUDA-BNI-Mandiri Debit Co-brand Card”.

Peluncuran debit co-brand tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) yang dilaksanakan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto, serta disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Menteri BUMN Rini Soemarno pada kesempatan tersebut menyambut baik dilaksanakan sinergi BUMN antara Garuda Indonesia, BNI, dan Bank Mandiri. Sinergi BUMN tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik untuk BUMN dan negara. “Sinergi yang telah dijalin kami harapkan dapat terus dikembangkan sehingga dapat mendukung peningkatan daya saing khsususnya melalui keunggulan produk dan layanan yang dimiliki masing-masing BUMN”, kata Rini di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 25 Februari 2016.

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, peluncuran Kartu Debit BNI Garuda dan Debit Mandiri Garuda merupakan wujud sinergi BUMN dalam rangka memberikan kenyamanan lebih terhadap para pengguna jasa Garuda Indonesia, Bank Negara Indonesia dan Bank Mandiri untuk menikmati berbagai nilai tambah layanan penerbangan dan perbankan.

“Hadirnya kartu debit co-brand card ini juga sejalan dengan demand pasar yang tinggi akan produk co-brand card yang memiliki benefit multifungsi. Co-brand card ini kami harapkan akan semakin mempermudah para pengguna jasa untuk mengumpulkan poin miles melalui alat transaksi pembayaran (debit card) dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan”, ungkap Arif.

Direktur Utama Bank Negara Indonesia Achmad Baiquni mengungkapkan, Kartu Debit BNI Garuda memiliki banyak keunggulan. Pertama, Kartu Debit BNI Garuda merupakan kartu debit yang sekaligus memiliki fungsi uang elektronik. Hanya dengan memiliki satu kartu ini, nasabah BNI dan pelanggan Garuda Indonesia selain bisa melakukan berbagai transaksi perbankan di semua fasilitas BNI e-Banking (BNI ATM, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking & BNI Mobile Banking) dan belanja di berbagai toko/merchant, nasabah juga bisa menggunakan kartu tersebut untuk membayar tiket berbagai moda transportasi utama saat ini, antara lain kereta Commuter Line Jakarta dan TransJakarta serta transaksi pembayaran belanja. Kedua, bertransaksi dengan Kartu Debit BNI Garuda akan memberikan manfaat berupa reward/bonus GarudaMiles mulai dari pembukaan rekening, transaksi belanja di berbagai toko/merchant, hingga pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia di semua fasilitas BNI e-Banking dan website Garuda Indonesia. Selain itu juga disediakan cashback senilai Rp 500.000 bagi 20 nasabah dengan transaksi tertinggi setiap bulannya.

Kerja sama penerbitan Kartu Debit BNI Garuda ini merupakan kelanjutan dari kerja sama sebelumnya yaitu Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia BNI yang membuahkan hasil yang memuaskan bagi kedua perusahaan. Sebagai gambaran, pada kerja sama Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia BNI, sales volume pada tahun 2015 tumbuh 63% dibanding tahun 2014. Pertumbuhan signifikan juga tergambarkan pada jumlah Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia BNI yang hampir mencapai 25.000 kartu atau tumbuh sebesar 265% pada tahun 2015 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, mulai 1 Desember 2015 pemegang Kartu Kredit Co-Brand Garuda Indonesia BNI mendapatkan fasilitas baru berupa special check in line Garuda Indonesia di terminal 2E dan 2F bandara Soekarno Hatta untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan selama perjalanan.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto menyampaikan kolaborasi tiga BUMN ini merupakan bentuk dukungan dan inovasi perbankan dalam meningkatkan transaksi pembayaran non tunai di industri pembayaran, khususnya pembelian tiket pesawat, baik melalui mesin EDC maupun transaksi online/e-commerce. Diperkirakan, saat ini transaksi pembelian tiket Garuda masih didominasi pembayaran cash dan melalui travel agent. Sedangkan 20%-30% di antaranya menggunakan Kartu Kredit, sementara kartu debit masih 10%-20%.

Guna meningkatkan jumlah kartu dan transaksi dari kartu co-brand ini, Bank Mandiri selain memberikan benefit pengumpulan poin miles akan memberikan bonus fiestapoin atas transaksi di mandiri e-banking dan peningkatan average balance. Nantinya, Mandiri fiestapoin itu dapat ditukarkan dengan hadiah langsung dan penawaran promo dari Bank Mandiri atau dengan Garuda Miles melalui microsite atau fiestapoin apps.

Hadirnya co-brand card ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah nasabah baru pengguna kartu Mandiri debit  yang saat ini berjumlah 13,3 juta dengan transaksi yang mencapai lebih dari 6 juta transaksi per bulan dan sales volume Rp4,3 Triliun per bulan selama tahun 2015.

“GARUDA-BNI-Mandiri Debit Co-Brand Card” menawarkan berbagai benefit bagi para penggunanya seperti bonus 1.000 poin GarudaMiles ketika melakukan aktivasi kartu, diskon penukaran compliment (award) tiket, potongan harga untuk pembelian tiket Garuda Indonesia nonpromo, hingga keleluasan menikmati layanan fastrack GarudaMiles hingga priority check in line di terminal III Ultimate bagi pemegang kartu GarudaMiles Platinum. Dengan jumlah pengguna GarudaMiles yang hingga tahun 2016 ini yang telah mencapai lebih dari 1,5 juta member, hadirnya debit co-brand ini diharapkan juga dapat menarik segmen market baru pengguna jasa maupun member GarudaMiles, khususnya yang berasal dari segmen menengah hingga ke atas yang memiliki mobilitas tinggi (travel dan business trip).  (*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News