Bio Farma Ingin Kurangi Impor Bahan Baku Obat hingga 20% pada 2024

Bio Farma Ingin Kurangi Impor Bahan Baku Obat hingga 20% pada 2024

Bio Farma Ingin Kurangi Impor Bahan Baku Obat hingga 20% pada 2024
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (persero) bertekad mengurangi ketergantungan terhadap bahan baku obat impor. Pada 2024, impor bahan baku obat ditargetkan bisa berkurang hingga 20%.

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, Bio Farma akan terus meningkatkan kapabilitas dalam memproduksi bahan baku obat. Sejak 2016 lalu, melalui anggota Holding BUMN Farmasi, yakni Kimia Farma sudah mendirikan perusahaan patungan atau joint venture dengan Sungwun Pharmacopia Co, perusahaan farmasi asal Korea Selatan.

Perusahaan patungan tersebut spesifik memproduksi bahan baku obat. Saat ini sudah ada 12 jenis bahan baku obat yang diproduksi. Bio Farma menargetkan pada 2024 jenis bahan baku obat yang diproduksi meningkat menjadi 28 jenis.

“Dan di tahun 2024 pula kita targekan untuk bisa mengurangi 20% impor bahan baku obat. Jadi dalam waktu 2 tahun kedepan kita inginnya turun 20%. Angka yang menurut saya cukup progresif tapi doable. Tapi ini butuh kolaborasi dari semua pihak karena memang untuk membuat bahan baku obat itu butuh economic of scale. Kalau yang pesan dari dalam negeri itu sedikit pasti economic scale-!ya itu tidak bisa tertutupi,” ungkap Direktur Transformasi dan Digital PT Bio Farma, Soleh Ayubi dalam Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Selasa, 8 November 2022.

Ayubi menambahkan, dari sisi skala ekonomi harus bersaing dengan China dan India. Skala ekonomi kedua negara memang kuat, apalagi mengingat jumlah penduduknya yang besar.

Terlepas dari itu, Bio Farma juga akan mempercepat untuk masuk ke produk-produk non vaksin. Selama ini ekspor Bio Farma memang didominasi produk vaksin. “Kita sudah mulai masuk ke pasar bio similar atau bio tech,” imbuh Ayubi. (*) Ari Astriawan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]