Bidik Milenial, Bank Danamon dan BRI Manajemen Investasi Hadirkan Reksa Dana ESG

Bidik Milenial, Bank Danamon dan BRI Manajemen Investasi Hadirkan Reksa Dana ESG

Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia (Tbk) bersama dengan PT BRI Manajemen Investasi (BRIMI) mengumumkan kerja sama distribusi produk, yaitu Dana Reksa MSCI Indonesia ESG Screened, yaitu reksa dana indeks yang mengacu kepada indeks MSCI Indonesia ESG Screened.

Kerja sama tersebut dilatarbelakangi oleh investasi yang saat ini sedang berfokus ke arah ESG (environmental, social, and corporate governance), di mana saat ini 90 persen generasi milenial tertarik mengejar investasi berkelanjutan.

Tidak hanya itu, beberapa kalangan juga juga memprediksi akan terjadinya transfer of wealth kepada Millennial dan Gen Z dari Baby Boomers dan Gen X, yang membuat demand dari instrumen investasi berbasis ESG akan meningkat.

Baca juga: Cuan Besar, Reksadana Indeks Star Infobank15 Diluncurkan

Head of Distribution Partnership BRIMI, Edward Narodo, menyatakan bahwa, generasi milenial memiliki peran penting dalam investasi ESG di mana demografi tersebut telah berinvestasi sebesar USD51,1 miliar pada instrumen berbasis investasi berkelanjutan pada tahun 2020.

“Hal ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan 2015 di mana investasi di segmen tersebut masih kurang dari USD5 miliar,” ucap Edward dalam keterangan resmi dikutip, 28 September 2023.

Lebih lanjut, Edward menyebutkan bahwa, sebanyak 40 persen Gen Z pun menyatakan bahwa keputusan investasi mereka didorong oleh “perusahaan yang punya tujuan” dalam lima tahun ke depan.

“Hal ini memberikan sinyal bahwa prospek investasi berkelanjutan dipandang cukup cerah. Pada 2025, diharapkan sekitar 33 persen dari semua aset global yang dikelola akan memiliki mandat SRI dan ESG,” imbuhnya.

Baca juga: Ekonomi Asia Pasifik Membaik, Investasi Reksa Dana Saham Offshore Bisa jadi Pilihan Menarik

Adapun, Consumer Funding & Wealth Business Head Danamon, Ivan Jaya menambahkan, Danamon akan terus berkomitmen untuk menjadi organisasi yang customer-centric dan sebagai “Bank Pilihan Anda” terus berupaya menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu nasabah kian tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya.

“Proposisi nilai unik dari Layanan Danamon Privilege berfokus untuk menjaga aspirasi setiap generasi dengan solusi wealth advisory untuk pengembangan aset, berbagai keistimewaan dari World of Privilege,” ujar Ivan. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News