BI Proyeksikan, Potensi Ekonomi dan Keuangan Digital RI Capai USD360 Miliar

BI Proyeksikan, Potensi Ekonomi dan Keuangan Digital RI Capai USD360 Miliar

BI Proyeksikan, Potensi Ekonomi dan Keuangan Digital RI Capai USD360 Miliar
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Destry Damayanti Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia mengatakan, potensi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia sangat besar yang diprediksi pada tahun 2030 nilai ekonomi digital di Indonesia bisa mencapai USD360 miliar.

“Kalau berbicara tentang fintech (financial technology) kita harus juga berbicara mengenai ekonominya yang pada akhirnya kepada ekonomi dan keuangan digital. Fintech tanpa didukung dengan ekonomi digital tidak akan berjalan,” ujar Destry dalam Indonesia Fintech Summit 2022, Jumat, 11 November 2022.

Destry juga mengatakan, dengan ekonomi dan keuangan digital, tingkat inklusi keuangan di Indonesia akan bisa tercapai dengan cepat.

“Dengan adanya covid kita bersyukur bahwa positifnya adalah mempercepat proses digitalisasi di Indonesia. Covid itu adalah chief of transformation dari digitalisasi,” ungkapnya.

Lanjutnya, di Bank Indonesia sendiri, perkembangan sistem pembayaran digital terjadi sangat cepat seperti digital banking, mobile banking, dan digital payment.

“Saya rasa Indonesia dengan 273 juta penduduk yang mayoritas adalah usia muda adalah usia dimana mereka sangat familiar dengan teknologi akan mempercepat inklusi keuangan digital,” pungkasnya.

Selain itu, penetrasi dari pertumbuhan keuangan digital saat ini lebih didominasi di wilayah non perkotaan. Sehingga, membuat pertumbuhan ekonomi lebih kuat dan lebih resilien karena menyentuh masyarakat dan unit usaha di tingkat bawah. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]