News Update

BI Optimis Ekonomi RI Q2 Capai 7%, Ini Pendorongnya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan  ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 (Q2) bisa tumbuh positif pada kisaran 7% (YoY) yang didukung oleh pemulihan dibeberapa sektor pendukung perekonomian nasional.

Hal tersebut disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo saat menghadiri diskusi virtual Indonesja Invesment Forum 2021. Dody menjelaskan, terdapat 3 sektor utama yang mulai pulih dan mengalami peningkatan, diantaranya sektor industri pengolahan, perdagangan, hingga konstruksi.

“Ekspetasi bank sentral pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh pada area positif kami percaya ekonomi di kuartal kedua 2021 tumbuh 7%,” kata Dody melalui video conference di Jakarta, Kamis 27 Mei 2021.

Tak hanya itu, BI juga optimis pada kuartal-II 2021 berbagai indikator dini mencerminkan perekonomian nasional terus membaik, diantaranya ekspektasi konsumen, penjualan eceran, PMI Manufaktur, serta realisasi ekspor dan impor yang tetap meningkat.

Menurutnya, ke depan kinerja ekspor juga akan membaik akibat kenaikan permintaan Tiongkok dan AS. Tak hanya itu, realisasi belanja fiskal serta investasi dipercaya juga bakal mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Dengan perkembangan tersebut, Bank Sentralpun memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan di tahun 2021 akan berada pada kisaran 4,1% hingga 5,1%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

7 Buku Serial Kemenkop UKM Dirilis, Menteri Teten Beberkan Strategi Pengembangan KUMKM

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mendorong inovasi dan tranformasi koperasi serta UMKM… Read More

40 mins ago

Cara Cek Penerima Dana PIP Oktober 2024

Jakarta - Dana bantuan sosial bidang pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) memasuki periode pencairan ketiga,… Read More

2 hours ago

Survei Bank Indonesia: Konsumsi Masyarakat Meningkat, Tapi Cenderung Makan Tabungan

Jakarta – Konsumsi masyarakat mengalami peningkatan pada September 2024. Namun, pada periode yang sama tingkat tabungan masyarakat… Read More

2 hours ago

Ternyata Segini Kekayaan Agus Harimurti Yudhoyono yang Baru Meraih Gelar Doktor

Jakarta – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN),… Read More

3 hours ago

Indonesia Rendezvous 2024 Dorong Kolaborasi Global Demi Stabilitas Industri Asuransi

Jakarta - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada tahun 2024 ini kembali menggelar Indonesia Rendezvous,… Read More

3 hours ago

Melantai di Bursa, VERN Bidik Pendapatan hingga Rp350 Miliar di Akhir 2024

Jakarta - PT Verona Indah Pictures Tbk (VERN) pada hari ini (8/10) telah mencatatkan sahamnya… Read More

4 hours ago