BI Optimis Ekonomi RI Q2 Capai 7%, Ini Pendorongnya

BI Optimis Ekonomi RI Q2 Capai 7%, Ini Pendorongnya

BI Optimis Ekonomi RI Q2 Capai 7%, Ini Pendorongnya
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan  ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 (Q2) bisa tumbuh positif pada kisaran 7% (YoY) yang didukung oleh pemulihan dibeberapa sektor pendukung perekonomian nasional.

Hal tersebut disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo saat menghadiri diskusi virtual Indonesja Invesment Forum 2021. Dody menjelaskan, terdapat 3 sektor utama yang mulai pulih dan mengalami peningkatan, diantaranya sektor industri pengolahan, perdagangan, hingga konstruksi.

“Ekspetasi bank sentral pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh pada area positif kami percaya ekonomi di kuartal kedua 2021 tumbuh 7%,” kata Dody melalui video conference di Jakarta, Kamis 27 Mei 2021.

Tak hanya itu, BI juga optimis pada kuartal-II 2021 berbagai indikator dini mencerminkan perekonomian nasional terus membaik, diantaranya ekspektasi konsumen, penjualan eceran, PMI Manufaktur, serta realisasi ekspor dan impor yang tetap meningkat.

Menurutnya, ke depan kinerja ekspor juga akan membaik akibat kenaikan permintaan Tiongkok dan AS. Tak hanya itu, realisasi belanja fiskal serta investasi dipercaya juga bakal mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Dengan perkembangan tersebut, Bank Sentralpun memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan di tahun 2021 akan berada pada kisaran 4,1% hingga 5,1%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]