BI Optimis Ekonomi Masih Bisa Tumbuh 4,0% di Akhir Tahun

BI Optimis Ekonomi Masih Bisa Tumbuh 4,0% di Akhir Tahun

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimis pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 dan 2022 akan terus membaik. Bank Sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2021 masih akan berada pada kisaran 3,2% – 4,0%. Dirinya optimis ekonomi Indonesia bisa tumbuh hingga 4%.

“Secara keseluruhan pada 2021 ini, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 3,2% – 4%,” jelas Perry pada Rapat Dewan Gubernur secara virtual, Kamis, 16 Desember 2021.

BI yakin pertumbuhan ekonomi pada kuartal terakhir tahun 2021 juga akan membaik. Hal tersebut tidak lepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dan kegiatan ekonomi yang disebabkan oleh penanganan cepat varian Delta oleh pemerintah.

Selain itu, Perry juga mencatat berbagai indikator seperti konsumsi swasta dan tingkat penjualan eceran terus mengalami kenaikan. Kinerja ekspor juga membaik dan membukukan surplus selama 19 bulan berturut-turut.

Lebih jauh, BI juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 juga masih dalam tren positif. Perkiraannya berada pada kisaran 4,7% hingga 5,5% yoy (year-on-year). (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News