BI: Minggu Pertama Januari 2022 Inflasi Capai 0,61%

BI: Minggu Pertama Januari 2022 Inflasi Capai 0,61%

Jakarta – Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada minggu pertama Januari 2022 menunjukkan perkembangan harga pada awal tahun tetap terkendali dan diperkirakan inflasi sebesar 0,61% (mtm).

“Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Januari 2022 secara tahun kalender sebesar 0,61% (ytd), dan secara tahunan sebesar 2,23% (yoy),” jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Jumat, 7 Januari 2022.

Adapun penyumbang utama inflasi Januari 2022 sampai dengan minggu pertama yaitu komoditas telur ayam ras dan Bahan Bakar Rumah Tangga (BBRT) masing-masing sebesar 0,11% (mtm), daging ayam ras sebesar 0,06% (mtm), cabai rawit sebesar 0,05% (mtm), tomat sebesar 0,04% (mtm), beras dan sabun detergen bubuk/cair masing-masing sebesar 0,03% (mtm).

Lalu, komoditas penyumbang inflasi lainnya antara lain, minyak goreng dan bawang merah masing-masing sebesar 0,02% (mtm), jeruk, bawang putih, emas perhiasan dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01% (mtm). Sementara itu, komoditas yang mengalami deflasi yaitu cabai merah dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar -0,02% (mtm).

“Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan,” tambah Erwin. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News