BI: Indeks Keyakinan Konsumen Tunjukkan Peningkatan

BI: Indeks Keyakinan Konsumen Tunjukkan Peningkatan

Jakarta – Berdasarkan survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa optimisme konsumen mengalami peningkatan pada Mei 2018. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2018 sebesar 125,1, lebih tinggi dibandingkan dengan 122,2 pada bulan sebelumnya.

Seperti dikutip dari laman BI, di Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018 menyebutkan, keyakinan konsumen yang lebih tinggi didorong oleh peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) khususnya Indeks Penghasilan dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama yang didorong oleh adanya Tunjangan Hari Raya (THR).

Sementara itu, untuk Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sedikit mengalami penurunan dari bulan sebelumnya terutama disebabkan oleh melemahnya ekspektasi kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang.

Selain itu, hasil survei juga mengindikasikan penurunan tekanan inflasi pada 3 bulan bahwa mendatang (Agustus 2018) dari bulan sebelumnya. Hal itu tercermin pada Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 180,0, lebih rendah dari 183,6 pada bulan sebelumnya.

Berdasarkan surveinya, para konsumen juga memperkirakan menurunnya tekanan kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh normalnya kembali permintaan pasca Hari Raya dan terjaganya pasokan barang, baik makanan maupun nonmakanan. (*)

Related Posts

News Update

Top News