Berkat Terobosan Ini, PLN Sabet Penghargaan Digital Brand dari Infobank

Berkat Terobosan Ini, PLN Sabet Penghargaan Digital Brand dari Infobank

Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN telah bertransformasi menjadi perusahaan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi.

Sebagai perusahaan setrum negara dengan jumlah pelanggan lebih dari 85 juta tersebut, PLN dituntut dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat.

Maka tidak mengherankan pengembangan teknologi digital yakni PLN Mobile di sektor kelistrikan terus digeber bekerja sama dengan ICON+.

Alhasil, digitalisasi ini berdampak positif terhadap efisiensi pengeluaran yang bernilai triliunan.

 Baca juga: Gandeng PLN IP, PGE Genjot Komersialitas Panas Bumi RI

Digitalisasi yang dilakukan PLN membuahkan hasil. Perseroan mendapatkan berbagai sentimen sangat positif dari masyarakat atas kerja keras dan kerja cerdasnya.

Melalui hasil perhitungan indeks, dan penentuan hasil tiga teratas pada peringkat digital brand, Infobank Media Group menyematkan penghargaan kepada PLN di ajang 13th Infobank – Isentia Digital Brand 2024 and The Best Reputable CEO in Digital Platform 2024, yang diselenggarakan di Shangri La Hotel Jakarta Pusat, pada Senin (1/4/2024).

Sejumlah penghargaan itu ialah Golden Trophy/The Best State Owned Enterprise In Digital Brand/5 Years In A Row/2020-2024, The 2nd Highest Digital Index/State Owned Enterprise, dan The 2nd Best/State Owned Enterprise/Asset Class di Atas Rp100 triliun.

Bahkan, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dinobatkan sebagai The Best State Owned Enterprise Ceo In Digital Brand 2024, atas prestasinya yang membawa PLN menelurkan inovasi dan mencatatkan kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah selama dua tahun berturut.

Ia sukses meningkatkan pelayanan lewat masterpiece SuperApp PLN Mobile. Platform PLN ini membuat proses bisnis yang kompleks menjadi mudah dan cepat.

Baru-baru ini pula, Darmawan Prasodjo ikut mendorong pengembangan kendaraan listrik (EV) di Tanah Air melalui layanan Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di superapps PLN Mobile.

EVDS sebagai platform digital untuk mengintegrasikan layanan kendaraan listrik ini juga turut ditampilkan PLN dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Baca juga: Waspada Pungli dan Penipuan Rekrutmen PLN

Dalam melakukan digitalisasi, PLN sudah sinergi dengan empat sektor yang ada di dalam Indonesia digital, yakni infrastruktur digital, masyarakat digital, ada ekonomi digital.

Transformasi digital secara penuh juga dilakukan dari seluruh proses bisnis, mulai dari pembangkitan, transmisi, sampai distribusi.

Hasil digitalisasi di tahun lalu telah berdampak pada aspek efisiensi, di mana perseroan dapat menghemat pengeluaran lebih dari Rp1 triliun . Efisiensi itu berasal dari pembangkitan dan di sisi procurement. (*) Ranu Arasyki Lubis

Related Posts

News Update

Top News