Berikut BUMN Terbaik Yang Dianugerahi “Infobank SOE Awards 2021”

Berikut BUMN Terbaik Yang Dianugerahi “Infobank SOE Awards 2021”

Jakarta – Sebanyak 24 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meraih penghargaan “Infobank The Best State Owned Enterprise (SOE) Awards 2021” dari Majalah Infobank. Penghargaan diberikan dalam rangkaian acara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang diselenggarakan secara hybrid dari Istana Negara dan Hotel Shangri La Jakarta, Jumat, 22 Oktober 2021.

Acara ini dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Wapres RI Ma’ruf Amin selaku Ketua Dewan Pembina MES, Menteri BUMN Erick Thohir selaku Ketua Umum MES, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Komisi VI DPR RI Fasiol Riza selaku anggota Dewan Penggerak MES, dan Chairman Infobank Media Group Eko B Supriyanto selaku anggota Dewan Pembina MES.

Pemberian penghargaan “Infobank The Best SOE 2021″ didasarkan pada hasil kajian bertajuk “Rating 118 BUMN Versi Infobank 2021” yang dikeluarkan oleh Biro Riset Infobank (birI). Rating yang diolah berdasarkan kinerja BUMN tahun 2019 – 2020 ini telah melakukan penyesuaian terhadap kondisi ekonomi saat ini yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Di samping pemberian penghargaan Infobank The Best SOE 2021, Majalah Infobank juga memberikan penghargaan “Infobank The Best CEO 2021” kepada empat direktur utama BUMN.

Keempat direktur utama tersebut adalah Nicke Widyawati selaku Direktur Utama PT Pertamina (meraih penghargaan The Most Influential CEO 2021), Sunarso selaku Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (meraih The Best CEO in Value Creation 2021), Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama PT Telkom Indonesia (meraih The Most Innovative CEO 2021), dan Kuswiyoto selaku Direktur Utama PT Pegadaian (meraih The Best CEO in Transformation).

Acara pemberian penghargaan kepada BUMN dan CEO BUMN tahun ini sangat spesial. Sebab, pelaksanannya serangkai dengan acara HSN 2021 yang dihadiri oleh Presiden, Wapres, Menteri BUMN, Wamen BUMN, Ketua Komisi VI DPR, dan para pejabat pemerintah lainnya. Pada kesempatan tersebut, Presiden dan Wapres juga memberikan sharing session.

Pada saat menyampaikan special session, Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa santri pangkal paling esensial dalam pembangunan ekonomi. “Santri merupakan penjuru utama untuk meretas jalan di seluruh pelosok negeri agar denyut ekonomi syariah terasa di semua sektor perekonomian masyarakat,” ujar Presiden.

Presiden juga menegaskan bahwa tujuan dari Indonesia menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia bukanlah sekadar mengejar status belaka, namun lebih dari itu. “Kita yakin ekonomi syariah yang kuat akan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia sebagai bagian dari bukti bahwa Islam adalah agama yang rahmatan‘lilalamin,” tegas Presiden.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam kesempatan itu menyatakan, keterlibatan santri dalam perjalanan bangsa tak bisa dianggap ringan. Bahkan di era pandemi, kaum santri telah berperan dalam memberikan contoh, teladan, dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksinasi adalah salah satu kunci utama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Pesantren pun terus diharapkan menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan mendorong pengembangan Bank Wakaf Mikro, BMT, maupun ultra mikro. Di tengah pandemi, pesantren harus menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan untuk mendukung upaya peningkatan pendapatan dan daya beli masyarakat,” ujar Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Chairman Infobank Media Group yang juga anggota DewanPenggerak MES Eko B. Supriyanto, menyampaikan, bahwa Hari Santri Nasional dapat dijadikan momentum untuk berdiskusi bagaimana pelaku ekonomi dan lembaga keuangan syariah membangun ekosistem industri halal yang efektif.

“Untuk merealisasikan potensi besar industri halal demi membesarkan industry keuangan dan perbankan syariah. Yang mana ini semua ditujukan untuk memajukan ekonomi umat,” ucap Eko.

Acara kemudian juga diisi dengan sharing session dari Kartika Wirjoatmodjo selaku Wakil Menteri BUMN RI dan Faisol Riza selaku KetuaKomisi VI DPR RI sekaligus anggota Dewan Penggerak MES, pada hybrid seminar bertajuk “Sinergi untuk Negeri; Memperkuat Ekosistem untuk Pemulihan dan Penguatan Pembangunan Ekonomi yang Inklusif”.

Acara yang terselenggara berkat kerjasama Infobank Media Group dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga didukung oleh para sponsor, seperti Telkomsel, Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Yodya Karya, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Jasa Raharja, Telkom, Surveyor Indonesia, Dahana, dan Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Rangkaian acara ini selain diadakan secara hybrid dari Istana Negara, Hotel Shangri-La Jakarta, juga disiarkan langsung di YouTube channel InfobankTV.

Adapun berikut Daftar Peraih Indobank The Best SOE 2021:

1. PT Yodya Karya
2. Perum Jasa Tirta II
3. PT Bio Farma
4. PT Bhanda Ghara Reksa (BGR)
5. PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)
6. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI)
7. PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM)
8. PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM)
9. PT Pegadaian
10. PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW)
11. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk
12. PT Sarana Multi Infrastrukur (SMI)
13. PT Semen Indonesia Tbk
14. PT Bank Mandiri Tbk
15. PT Sarana Multi Finansial (SMF)
16. PT Surveyor Indonesia
17. PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III)
18. Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri)
19. PT Jasa Raharja
20. PT Pertamina
21. PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI)
22. PT Dahana
23. Perum Jasa Tirta I
24. PT Pupuk Indonesia

BUMN Peraih Golden Trophy (Berpredikat Sangat Bagus Selama 5 Tahun Berturut- Turut):

1. PT Pegadaian
2. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF)
3. Perum Jasa Tirta I
4. Perum Jasa Tirta II
5. PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI)
6. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM)
7. PT Pertamina
8. PT Pelabuhan Indonesia III (PELINDO III)

BUMN Peraih Platinum Trophy (Berpredikat Sangat Bagus Selama 10 Tahun Berturut-Turut):

1. PT Bank Mandiri Tbk
2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk
3. PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW)
4. PT Bio Farma
5. PT Surveyor Indonesia (SI)
6. PT BhandaGharaReksa (BGR)
7. PT Semen Indonesia (d/h PT Semen Gresik Tbk)

Special Award

1. Penyumbang Deviden Terbesar 2020: Bank Rakyat Indonesia
2. The Best Performance Indonesia State-Owned Enterprise 2020: YodyaKarya
3. The Most Efficient Indonesia State-Owned Enterprise 2020: Sarana Multi Infrastruktur (SMI)
4. The Most Profitables Indonesia State-Owned Enterprise 2020: Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
5. Laba Terbesar 2020: Telekomunikasi Indonesia (Telkom)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News