Bentang Geografis Indonesia Jadi Kendala Distribusi Vaksin Covid-19

Bentang Geografis Indonesia Jadi Kendala Distribusi Vaksin Covid-19

Jakarta – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan proses distribusi vaksin ke seluruh Indonesia bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, Satgas mengalami beberapa kendala selama proses distribusi. Salah satunya adalah bentang geografis Indonesia yang cukup beragam.

“Tantangan terbesar distribusi vaksin adalah bentang geografi Indonesia yang beragam. Meskipun demikian, kami bekerja sama dengan TNI dan Polisi untuk mengatasi permasalahan distribusi ini,” jelas Wiku saat memberikan keterangan pers secara virtual yang dikutip 14 Januari 2020.

Meskipun prosesnya cukup menantang, Wiku memastikan bahwa distribusi vaksin ke setiap kota dan daerah terpencil berjalan lancar. Ia menyebut, pemerintah Indonesia sudah berpengalaman dalam melakukan vaksinasi dari kasus-kasus pandemi sebelumnya. Pemerintah bersama Satgas terus memastikan pasokan suplai vaksin beserta alat kesehatan tersedia, sampai program vaksinasi nasional terlaksana seluruhnya.

“Satgas bersama Kementerian Perindustrian telah bekerja sama dengan industri alat kesehatan untuk memastikan suplai material yang dibutuhkan untuk vaksinasi. Hingga saat ini, kami belum melihat kelangkaan pada suplai alat vaksinasi,” ujarnya.

Lebih jauh, Satgas menyatakan akan terus melakukan edukasi pada masyarakat akan pentingnya melakukan 3M dan pola hidup sehat bahkan setelah vaksinasi. Protokol kesehatan yang baik akan menekan angka penyebaran Covid-19 lebih jauh dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit lain. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News