Keuangan

Begini Upaya 3 Asosiasi Bersinergi Dorong Peneterasi Industri Asuransi

Jakarta – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) bersama dengan Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APPARINDO), serta Asosiasi Penilaian Kerugian Asuransi Indonesia (APKAI) pada hari ini (2/8) secara resmi melakukan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk proyek Clauses Wording Library Project untuk Engineering & Property sebagai bentuk untuk mendorong industri asuransi semakin kuat.

Melalui projek tersebut nantinya akan menghasilkan perpustakaan berbasis web untuk semua clauses dalam property dan engineering insurance yang dapat digunakan di industri perasuransian Indonesia dengan mengumpulkan, memverifikasi serta menampilkan standard wordings beserta kodenya.

Baca juga: Jurus Asuransi Sinar Mas Genjot Literasi Asuransi

Kemudian, tujuan utama dari MOU tersebut adalah dapat dijadikan sebagai referensi seluruh pelaku industri perasuransian Indonesia untuk mendorong kepastian dalam praktik negosiasi kondisi pertanggungan terutama antara broker dengan underwriter serta dapat meminimalisir dispute antara para pihak yang berkontrak.

Ketua AAUI, Budi Herawan mengatakan, bahwa rencana MoU tersebut menjadi langkah awal sinergi industri perasuransian serta tonggak sejarah baru dalam memberikan pedoman yang akan bermanfaat bagi industri asuransi terutama dalam penanganan kasus klaim yang terjadi pada asuransi.

Tidak hanya itu, Budi juga telah menyampaikan hal ini kepada regulator, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana dengan adanya MoU tersebut menjadi sebuah tanda bahwa industri asuransi telah bersiap bersinergi untuk menuju Indonesia Emas di tahun 2045.

“OJK menyambut sangat baik sinergi yang kita lakukan ini, dan kami sampaikan bahwa butuh peran regulator juga untuk membina kami sebagai industri untuk mencapai pertumbuhan dan perbaikan industri asuransi bersama-sama,” ucap Budi dalam Konferensi Pers di Jakarta, 2 Agustus 2023.

Baca juga: Penetrasi Asuransi Syariah Masih Rendah, Prudential Syariah Siap Ambil Peluang

Adapun, Budi menambahkan bahwa, ke depannya AAUI, APPARINDO, dan APKAI akan terus mengembangkan Clauses Wording yang lainnya dan tentunya akan dikelola dalam satu library bersama yang dapat dimanfaatkan bagi regulator, pelaku industri, maupun masyarakat luas.

Sebagai informasi, kerjasama tersebut dilakukan dengan penandatanganan MoU yang diwakili oleh Ketua AAUI Budi Herawan, Ketua APPARINDO Yulius Bhayangkara dan Ketua APKAI Capt. Dikarioso. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

12 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

12 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

12 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

15 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

16 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

17 hours ago