Begini Strategi Insight IM Gaet Investor Milenial dan Gen Z

Begini Strategi Insight IM Gaet Investor Milenial dan Gen Z

Jakarta – Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Januari 2024 mencatat sebanyak 56,29 persen investor pasar modal berusia 30 tahun ke bawah dan 23,66 persen berada di rentang usia 31-40 tahun. Ini menunjukkan bahwa investor pasar modal Indonesia didominasi oleh milenial dan Gen Z.

Data tersebut juga sejalan dengan riset yang dilakukan oleh Insight Investments Management (Insight IM). Manajer investasi tersebut mengungkapkan bahwa sekitar 70 persen dari investor mereka berasal dari generasi milenial dan Gen Z.

Melihat potensi tersebut, Direktur Insight IM, Ria M Warganda mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan berbagai strategi, terutama melalui inovasi pengembangan reksa dana dengan dampak sosial yang inovatif dan relevan guna menarik lebih banyak investor muda.

Baca juga: Agar Investor Tak Boncos, 3 Hal Ini Harus Jadi Perhatian Manajer Investasi

“Porsi angka ini adalah terbanyak jika dibandingkan dengan beberapa kelompok usia lainnya. Kami optimis angka ini akan semakin naik di tengah tren investasi anak muda yang kami lihat akan terus berlanjut,” ucap Ria dalam keterangan resmi di Jakarta, 4 Juli 2024.

Dalam mendukung potensi investor milenial dan Gen Z tersebut, Insight IM melakukan berbagai langkah, dimulai dari aktivitas edukasi keuangan ke kampus, edukasi ringan seputar investasi dan keuangan bagi investor pemula, kerja sama dengan berbagai Agen Penjual Reksa Dana fintech, hingga pengembangan aplikasi reksa dana online yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

“Tiap minggunya kami pastikan di sosial media kami ada tema edukasi keuangan yang baik untuk investor-investor pemula. Kami juga terus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan APERD fintech untuk tentunya memperluas dan mempermudah akses pembelian,” imbuhnya.

Baca juga: Jumlah Investor Tugu Insurance Tumbuh Pesat di 2024, Ini Pendorongnya

Adapun, kontribusi sosial tersebut muncul karena setiap produk reksa dana Insight IM memiliki tema yang sejalan dengan isu-isu sosial dan lingkungan.

“Hal ini selaras dengan strategi mendekatkan Insight IM atas sikap generasi muda saat ini yang semakin peka dengan isu-isu terkini, salah satunya isu lingkungan,” ujar Ria. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News