Tips & Trick

Begini Cara Menghindari Perangkap Modus Love Scamming

Jakarta – Love scamming atau penipuan cinta adalah jenis penipuan yang semakin umum terjadi di era digital ini. Modus penipuan ini melibatkan manipulasi emosi seseorang dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan finansial atau informasi pribadi.

Kasus love scamming ternyata marak terjadi di Indonesia. Tak tangung-tanggung, kerugian dari korban love scamming ini mencapai miliaran rupiah. Melansir laman pusiknas.polri.go.id, Jumat (8/9), Polda Metro Jaya berhasil menangkap dua pelaku penipuan dengan modus love scamming. Korban melaporkan mengalami kerugian hingga Rp2,4 miliar.

Baca juga: Love Scamming Mengintai, Kenalan di Medsos Berujung Kerugian hingga Miliaran Rupiah

Lalu, bagaimana cara untuk mengindari modus love scamming ini? Merangkum berbagai sumber, Infobanknews coba memberikan sejumlah tips agar terhindar dari modus tersebut:

  1. Cari Tahu Identitas

Hal pertama yang Anda lakukan agar terhindar dari love scamming adalah melakukan pemeriksaan dan verifikasi identitas orang yang ditemui secara online. Gunakan sumber informasi yang dapat dipercaya seperti media sosial, pencarian internet, atau koneksi mutual yang bisa dipertanggungjawabkan.

Apabila seseorang tidak memberikan informasi pribadi atau memiliki banyak alasan untuk tidak bertemu secara langsung, hal itu bisa menjadi tanda peringatan.

2. Pertahankan Informasi Pribadi

Dalam berselancar di medsos, ada beberapa informasi berharga yang harus dipertahankan. Seperti kata sandi untuk akun sosmed, pin bank online, serta informasi yang bisa digunakan untuk memverifikasi identitas. Semuanya harus dijaga dan jangan sampai dibagikan untuk orang lain.

3. Jangan Pernah Berikan Uang

Jangan pernah Anda mengirim uang kepada seseorang yang ditemui secara online, terlepas dari alasan yang mereka berikan. Pasalnya, banyak modus love scamming dilakukan dengan meminta uang untuk keperluan darurat, misalnya pembelian tiket pesawat agar dapat bertemu.

Baca juga: Kasus Pembobolan Rekening Bank Masih Marak, Ini Tips Hindari Kejahatan Digital Banking

Oleh karenanya, Anda harus pertimbangkan keabsahan cerita oknum love scamming dan selalu pastikan tidak memberikan uang kepada orang yang belum ditemui secara pribadi.

4. Pertimbangkan Pertemuan

Apabila Anda merasa hubungan onlone merasa nyaman, usahakan untuk bertemu secara langsung. Pertemuan tatap muka diyakini membantu untuk memahami apakah orang tersebut benar-benar apa yang mereka katakan. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

8 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

9 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

10 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

11 hours ago